Nagadigit Jadi Solusi Baru Musisi Kenalkan Karyanya

AKURATNEWS- Jaringan multi channel yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube, Nagadigit diluncurkan label Nagaswara. Jaringan ini diluncurkan guna mendukung musisi Tanah Air memperkenalkan karyanya lewat YouTube.

"Dengan begitu, musisi tidak sekedar mempopulerkan lagunya tapi juga mendapatkan penghasilan," kata CEO Nagaswara, Rahayu Kertawiguna saat peluncuran Nagadigit di Jakarta, Sabtu (25/6).

Menurut Rahayu, 2022 adalah tahun kolaborasi, dimana semua sektor bidang usaha tak lagi bisa menjadi pemain tunggal, namun harus saling terkait.

Di kesempatan itu, Bimas Nurcahya dari Pragita Wibawa Pustaka menjelaskan, perlindungan dalam sistem Youtube/Google Inc bagi musisi dilaakukan lewat dua aspek yaitu, perlindungan lagu dalam bentuk ciptaan aslinya (notasi/komposisi asli), dilindungi publisher/penerbit musik melalui Content Management System (CMS) Publishing.

"Saat ini CMS Publishing Pragita Prabawa Pustaka adalah salah satu CMS terkuat di Indonesia. Sebagai bukti, Pragita Wibawa Pustaka menaungi pencipta-pencipta seperti Denny Caknan, Ndarboy Genk, Fahmi Sahab dan lainlain," jelas Bimas.

Kedua, ketika lagu sudah diproduksi (master) yaitu dalam bentuk content dalam youtube, dilakukan melalui CMS/Content-ID Nagadigit.

Kolaborasi Nagaswara, Pragita dan CSI dalam Nagadigit ini menghasilkan suatu perlindungan yang sifatnya lebih menyeluruh jika dibandingkan kompetitor lain.

"Saya merasakan manfaat bergabung dengan Nagadigit, selain lagu saya dikenal luas. Saya juga mendapat income," ujar pedangdut Fitri Carlina di acara ini.

Tim Nagadigit melakukan langkah aktualisasikan ke dalam sebuah sistem dengan menggandeng perusahaan teknologi Cerdas Solusi Indonesia (CSI) sebagai sebuah perusahaan IT yang yang sudah berpengalaman dalam proyekproyek pemerintahan seperti dengan Direktorat Perpajakan, BPJS Kesehatan, PERURI, KAI dan pihak lainnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga