150 Bidang Lahan di Area Proyek UIII Ditertibkan Satu Pekan

Depok, Akuratnews.com - Bangunan yang bertengger di lahan RRI yang jadi kawasan proyek pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cisalak, Depok, Jawa Barat, akan ditertibkan hingga satu pekan kedepan sejak Kamis, (7/11/ 2019).

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Pamong Praja Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny kepada akuratnewscom usai penertiban kemarin.

Menurutnya, dari 366 bidang lahan di tahap satu, sekitar 150 bidang lahan diantaranya akan ditertibkan selama tujuh hari kedepan. "Di tahap satu ini akan ditertibkan selama tujuh kali kegiatan mulai hari sampai kamis 14 November 2019," ucap Lienda kemarin.

Ditambahkan Lienda, untuk penertiban tadi, (Kemarin), sekitar 21 bidang lahan ditertibkan termasuk enam bangunan permanen dan semi permanen.

Dalam proses penertiban itu juga turut melibatkan lebih dari seribu personil gabungan terdiri dari unsur dinas di Pemkot Depok, aparat TNI dan Polri. "Aparat dari Pemkot sebanyak 795 personil, unsur Polri sebanyak 1500 dan TNI 400 personil," ujarnya.

Proses penertiban sempat diwarnai kericuhan dengan sejumlah warga yang menempati bangunan. Beberapa kepala keluarga tampak bersikukuh untuk tidak meninggalkan kediamannya yang sudah ditempati sejak lama.

"Saya warga negara yang punya hak juga. Kami di sini menggarap sudah puluhan tahun, lebih dari 20 tahun. Kenapa kami diperlakukan seperti ini. Itu rumah-rumah rakyat, kami punya hak dan ada badan hukumnya juga,” ujar Amir, salah satu perwakilan warga yang terdampak proyek itu.

Aksi protes sejumlah warga itu pun sempat diwarnai ketegangan. Namun hal itu tak berlangsung lama. Aparat akhirnya berhasil mengambil alih sejumlah lahan yang terbukti adalah lahan milik negara. Namun warga masih berupaya menentang dan menuntut nasib mereka tetap diperhatikan.

Baca Juga