17 Ribu Relawan Gugus Tugas Covid-19 Dapat Asuransi

Jakarta, Akuratnews.com - Guna membantu perlindungan bagi para pekerja rentan yakni relawan yang tengah berjuang dalam penanganan wabah Corona (Covid-19), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan perlindungan dalam bentuk bantuan biaya premi asuransi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BP Jamsostek.

Sebanyak 17.000 relawan Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari relawan medis, dan relawan non medis akan mendapat bantuan asuransi ini.

Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS, Ahmad Fikri menjelaskan, profesi relawan dalam percepatan penanggulangan Covid-19 tidaklah mudah dan cukup beresiko. Untuk itu dibutuhkan perlindungan terkait dengan tugas para relawan yang dengan sukarela berjuang untuk masyarakat menghadapi pandemi ini.

“Bantuan biaya premi asuransi ini adalah bentuk dukungan BAZNAS untuk Relawan Gugus Tugas Covid-19. Mereka yang terdaftar akan otomatis mendapatkan asuransi ini. Dengan perlindungan asuransi, diharapkan para relawan tidak akan terbebani dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari ujung tombak penanganan Covid-19,” jelas Fikri di Jakarta, Kamis (9/4).

Terpisah, Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta mengatakan program ini bagian dari kontribusi BAZNAS dalam melindungi para relawan yang terdata dan bertugas selama penanganan krisis Covid-19.

"Terdapat dua program bantuan yang diberikan BAZNAS, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Semoga ini dapat maksimal melindungi para relawan. Kami akan terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan Covid-19, BAZNAS juga siap bersinergi dengan para relawan dalam menjalankan aksi pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Gugus Tugas Andre Rahadian menyampaikan apresiasinya atas bantuan asuransi yang diberikan oleh BAZNAS.

“Alhamdulillah para relawan juga akan dilindungi oleh asuransi melalui BPJamsostek dimana preminya merupakan bantuan dari BAZNAS yang menyalurkan infak dari masyarakat Indonesia. Sebagai koordinator relawan, tugas kami adalah memberi perlindungan yang terbaik kepada relawan yang sudah mau bergabung memberikan waktu dan tenaganya lebih dari yang seharusnya. Selain melalui training, pemberian pelindung fisik pada saat kelapangan seperti Alat Pelindung Diri (APD), kami sangat terbantu BAZNAS dapat memfasilitasi kebutuhan asuransi yang sangat penting untuk relawan,” tuturnya.

Bantuan infak biaya asuransi ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan oleh BAZNAS bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang telah terjalin sebelumnya, dalam upaya membantu perlindungan bagi para pekerja rentan.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga