Idul Adha 1440 hijriah

19.426 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Depok

Depok, akuratnews.com- Idul Adha 1440 hijriah menjadi moment bagi warga Kota Depok dalam meneladani kisah Nabi Ibrahim dalam kebaikan dan berjiwa sosial tinggi.

Moment Idul Adha tahun 2019, tercatat sebanyak 19.426 ekor hewan kurban disembelih warga Depok. Angka tersebut dapat bertambah lantaran masih dimungkinkan ada warga Depok yang lakukan penyembelihan hewan kurban pada satu, dua hari kedepan.

"Informasi dari bagian Sosial yang kami terima hingga pukul 21.30 WIB, Sabtu (10/8) malam, jumlah sapi kurban sebanyak 6.062 ekor, kerbau 26 ekor, kambing 11.727 ekor dan domba 1.611 ekor. Total keseluruhan hewan kurban yang disembelih mencapai 19.426 ekor atau setara dengan Rp 165.594.700.000,” ucap Wali Kota Depok, Mohammad Idris, minggu,(11/8/2019).

Dirinya menambahkan, jumlah tersebut masih bisa terus bertambah dalam beberapa hari kedepan sebab, masih banyak warga Depok dan perkantoran yang melakukan penyembelihan hewan kurban di hari kedua atau ketiga Idul Adha.

"Kami sangat apresiasi antusiasme warga Depok dalam berkurban, mudah-mudahan membawa keberkahan bagi masyarakat Depok,” kata Idris.

Berdasarkan data secara tahun ini sebanyak 3,5 juta hewan untuk dikurbankan dan ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Semoga kita mendapatkan keberkahan, kedekatan dengan Allah SWT dan secara sosial," pungkas Idris.

Kesempatan itu, Idris juga sekaligus mensosialisasikan penggunaan wadah besek sekaligus penganti kantung plastik.

Sementara itu, pada moment berkurban Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna membagikan sebanyak 1000 besek bambu disejumlah tempat pemotongan hewan kurban di wilayah Kukusan, Beji Depok.

"Penggunaan non-plastik untuk kantong daging kurban sangat baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan keuntungan bagi para pengrajin bambu di Depok. Tentu, ini juga bagian dari tuntutan agama,” tutur Pradi.

Moment Idul Adha tahun 2019, Wakil walikota Depok ini melaksanakan ibadah kurban dengan pemotongan enam ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga