3 Tipe Wire Rope yang Dibutuhkan Industri Tahun 2022

AKURATNEWS - Wire rope menjadi salah satu alat penting untuk berbagai jenis industri, baik industri berat maupun industri transportasi.

Alat ini tak hanya digunakan untuk menarik beban tapi juga bisa difungsikan untuk mengangkat bahkan mengikat untuk membantu proses pekerjaan jadi lebih cepat, mudah dan efisien.

Sebagaimana fungsinya, wire rope terbuat dari baja yang kuat yang dikumpulkan dalam satu jalinan membentuk tali baja atau sling yang sangat efektif untuk berbagai kebutuhan terkait mengangkat, menarik atau memindahkan beban yang berat sekalipun.

Sesuai dengan pemanfaatannya, wire rope memang dibuat dari bahan baja berkualitas untuk memaksimalkan aktivitas proses lifting maupun penarikan untuk benda maupun barang yang memiliki massa yang besar termasuk dimensi yang sangat besar sekalipun.

Terdapat dua jenis wire rope yang diklasifikasikan berdasarkan sifat wire ropenya masing-masing, yakni: wire rope yang fleksibel serta wire rope yang bersifat kaku.

Penggunaannya juga disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap industri.

Pada wire rope yang bersifat fleksibel, memang lebih ditujukan untuk mengangkat beban yang masuk dalam dimensi dan masa yang berat, seperti mesin kendaraan, beton atau umum digunakan pada sektor industri seperti konstruksi, otomotif hingga industri baja.

Wire rope jenis ini memang cenderung elastis, bisa ditekuk dan tahan terhadap hentakan yang kuat sekalipun.

Wire rope selanjutnya yakni wire rope yang bersifat kaku, wire rope jenis ini juga bisa digunakan untuk industri berat seperti transportasi, konstruksi maupun industri otomotif.

Hanya saja, wire rope yang kaku ini tidak tepat jika digunakan untuk aktivitas lifting yang kerap terjadi lekukan pada saat proses pengangkatan, pemindahan ataupun penarikan.

Karenanya, banyak industri yang menggunakan wire rope kaku adalah jenis industri yang mobilitas lifting, moving dan transportasinya cenderung lurus sehingga wire rope kaku bisa benar-benar efektif digunakan.

Tiga Tipe Wire Rope Paling Top Tahun 2021

Terdapat setidaknya tiga tipe wire rope yang sangat populer dan dianggap paling top dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan industri pada tahun 2021 ini, karena sangat menunjang aktivitas dan efisiensi kerja industri sehingga tidak terlalu banyak memanfaatkan tenaga kerja sehingga proses produksi bisa berjalan lebih optimal, cepat sekaligus hemat biaya.

Ketiga tipe wire rope paling top itu yakni: Wire Rope Ungalvanized, Wire Rope Galvanis dan Wire Rope Stainless Steel, berikut penjelasannya masing-masing:

Wire Rope Ungalvanized

Di dunia konstruksi, wire rope ungalvanis memang sangat diandalkan untuk proses mengangkut, menarik hingga memindahkan beban berat dengan dimensi yang besar sekalipun.

Wire rope atau kawat seling baja galvanis dianggap yang paling top dan terbaik dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas industri hingga sektor konstruksi.

Wire rope ungalvanis ini amat umum digunakan pada industri transportasi, perkapalan hingga otomotif.

Bentuknya yang simpel, kuat dan tahan lama dengan daya tarik dan daya angkut yang kuat sangat bisa diandalkan.

Wire rope ungalvanis ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya: kuat, fleksibel, tidak mudah kendur dan tahan terhadap proses pengikisan pada bagian kawat bajanya, ringan dan harganya yang sangat terjangkau sehingga memiliki nilai investasi yang menguntungkan bagi industri.

Wire Rope Galvanis

Wire rope galvanis memiliki banyak keunggulan yakni: tahan terhadap gesekan yang kuat sekalipun baik gesekan dengan strand maupun dengan barang yang ditarik atau pun diangkat (friction resistant).

Selain itu, wire rope galvanis yang banyak digunakan dalam industri konstruksi maupun industri otomotif ini sangat tahan terhadap guncangan khususnya untuk industri yang berada di luar ruang, wire rope galvanis akan sangat bisa diandalkan.

Wire rope galvanis juga tahan terhadap korosif atau karat serta keropos walaupun digunakan pada suhu yang ekstrim sekalipun dan lokasi industri dengan suhu yang berubah-ubah, tak akan merubah kekuatan dan daya tahan wire rope galvanis ini.

Meski bersifat elastis wire rope galvanis ini juga sangat kuat dan tidak gampang melar meski kerap digunakan untuk mengangkat beban secara rutin.

Wire rope galvanis juga sangat tepat digunakan untuk berbagai jenis industri, termasuk industri skala kecil sekalipun seperti perbengkelan dan sangat efisien dalam hal pemanfaatan tenaga kerja.

Wire Rope Stainless Steel

Wire rope stainless steel memiliki beragam varian termasuk industri pemanfaatannya.

Wire rope stainless steel dianggap sebagai salah satu wire rope terbaik dan berkualitas dan tahan terhadap karat hingga pelapukan tiap jalinan kawatnya.

Wire rope stainless steel juga bahkan bisa digunakan pada waktu yang lama sehingga akan lebih menghemat biaya produksi dalam hal pengadaan wire rope, karena wire rope stainless steel dikenal sangat awet dan kemampuan yang maksimal.

Wire rope stainless steel juga terbilang fleksibel, namun tetap tidak akan melar meski digunakan secara berkali-kali setiap harinya dengan kemampuan yang sangat maksimal serta daya tahan yang sangat kuat itu lah wire rope stainless steel ini sangat bisa diandalkan untuk berbagai jenis industri berat, baik perkapalan, otomotif hingga industri konstruksi.

Selain itu, sifatnya yang elastis juga membuat wire rope stainless steel bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan jenis benda atau barang yang memiliki dimensi yang besar sekalipun.

PT Sumber Mega Jaya sebagai distributor wire rope terlengkap menyediakan beragam jenis produk wire rope sesuai dengan kebutuhan industri, termasuk wire rope ungalvanis, galvanis, dan stainless steel.***

Penulis: Redaksi

Baca Juga