Terbagi 3 Cluster di 3 Lokasi Berbeda

322 Desa di Sidoarjo Ikuti Pekan Bursa Inovatif Desa 2019

Bupati Saiful Ilah saat membuka kegiatan "Pekan BID 2019" dengan pemukulan gong. (foto: Istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna mewujudkan masyarakat desa yang inovatif, mandiri dan berkelanjutan, Pemkab Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan bertajuk "Pekan Bursa Inovasi Desa (BID) 2019" selama tiga hari, Selasa - Kamis (27 - 29/8/2019), terbagi tiga cluster dan tiga lokasi berbeda.

Kegiatan tersebut dibuka dengan pemukulan gong oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat gelaran BID 2019 cluster III, berlokasi di Gedung Gladiol Convention Hall, Pekarungan, Sukodono, Rabu (28/8/2019).

Acara pembukaan itu dihadiri Satker P3MD Jawa Timur, Hendro, Konsultan Pendamping Wilayah IV Jawa Timur, Hendra Dewanto, Kepala Dinas PMD Sidoarjo, M. Ali Imron, jajaran Forkopimda Sidoarjo dan Camat serta Kades se-Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Bupati Saiful Ilah mengapresiasi penyelenggaraan Pekan BID 2019 ini, yang bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan inovasi demi terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat Sidoarjo.

"Salah satu strategi yang dikembangkan itu program inovasi desa (PID), berupa pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa (PPID). Hal ini dimaksudkan, agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi untuk mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Keberhasilan PID di Sidoarjo, sambung Bupati Saiful Ilah, terbukti kegiatan serupa tahun lalu, membawa dampak positif bagi kemajuan desa.

"Karenanya, pelaksanaan PID dan BID tahun ini dimaksimalkan, lebih baik dari sebelumnya, baik secara kualitas maupun kuantitas," harapnya.

Untuk diketahui, target Pekan BID 2019 ini, capaian komitmen dan replikasi kegiatan inovasi desa lebih baik dari capaian BID 2018, yakni menghasilkan 148 komitmen dengan total nilai proyek di APBDes 2019 sebesar Rp13,5 miliar.

Kegiatan kali ini, dari 322 desa se-Sidoarjo terbagi tiga cluster, yaitu cluster I (100 desa), cluster II (124 desa) dan cluster III (98 desa).

Selanjutnya, lokasi kegiatan. Hari pertama, cluster II di Gedung Lokapala, Krian. Lalu, hari kedua, cluster III di Gedung Gladiol Convention Hall, Pakerungan, Sukodono. Terakhir, hari ketiga, cluster I di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Sidoarjo.*

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga