4 Sekolah Di Nias Barat Akan Mengikuti UNBK 2017, Sekretaris Dinas Pendidikan Harapkan PLN Tidak Padam & Jaringan Internet Stabil

Drs. Hiskia Gulo Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat

Nias Barat, Akuratnews.com - Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang akan di ikuti oleh para siswa- siswi  tingkat SMP dan SMK/SMA/MA yang akan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2017 mendatang.

Dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh para siswa-siswi di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Nias Barat. Hanya 4 Sekolah yang bersedia dan Alat Komputer nya memadai.

Drs. Hiskia Gulo Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat diruang kerjanya Jln.Onolimbu, Kamis (02/03/17) mengatakan terkait Ujian Nasional yang dihadapi oleh para siswa/i melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer yang bisa hanya empat sekolah yang bersedia melaksanakannya diantaranya SMA Swasta Karmel, SMA Negeri 1 Sirombu, SMK Negeri 1 Mandrehe, SMP Negeri 3 Lolofitu moi.

Berhubung karena keterbatasan Komputer  di masing- masing sekolah. Pihak sekolah telah melakukan simulasi, namun untuk meminimalisir kesulitan dan keraguan para siswa- siswi kedepan, pihak Dinas Pendidikan telah menjadwalkan pendampingan simulasi lanjutan.

"Sebenarnya ada 8 Sekolah telah di usulkan untuk mengikuti UNBK namun yang pasti sampai saat ini hanya 4 sekolah yang telah memadai persiapan kalau ada perubahan akan saya informasikan," ujar Sonta Eli Gulo Staf Dikdas Dinas Pendidikan Nias Barat.

Lebih lanjut Hiskia Gulo mengatakan kendala yang akan di hadapi adalah Jaringan Internet dan Arus Listrik dari Pembangkit Listrik Negara (PLN). Berharap agar pihak penyedia Jaringan Internet dapat memaksimalkan Kekuatan Sinyal dan Pihak PLN juga dapat memastikan Arus Listrik pada saat itu tidak padam.

Sangat diharapkan juga Pihak Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera utara dapat memperhatikan dan mencari solusi atas kemungkinan lain kendala yang di hadapi oleh lingkup Dinas pendidikan Nias Barat menyangkut UNBK kedepan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Lolofitu Moi Mar ’ Iwan Waruwu, S.Pd  yang secara kebetulan ada urusannya dikantor Dinas tersebut saat di panggil oleh sekdis ia mengatakan Benar, sekolah yang ia pimpin, para siswa/I sebanyak 94 Orang telah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer tersebut.

Komputer yang telah tersedia saat ini ada sebanyak 20 unit tapi yang bisa digunakan hanya 18 unit lagi.

Untuk Persiapan menghadapi ujian tersebut pihak sekolah telah beberapa kali melakukan simulasi. Kendala yang di hadapi minimnya ketersediaan Komputer dan Kurang stabilnya Jaringan Internet serta Arus Listrik oleh PLN.

Ia teringat satu tahun yang lalu saat berlangsung ujian yang berbasis Komputer itu,hanya SMP Negeri 3 Lolofitu Moi satu satunya Sekolah yang melaksanakan Ujian berbasis Komputer di Kabupaten Nias Barat.

"Hari pertama berhasil setelah itu terganggu karena Jaringan Internet (Fasilitas Server), PLN juga padam namun terbantu karena ada genset," tuturnya mengakhiri. (Famo)

Penulis:

Baca Juga