4834 Siswa Siswi SD di Kabupaten Muna Selesai Laksanakan Ujian Akhir Sekolah

Kepala SDN 9 Katobu Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), Isikijah, S.Pd
Kepala SDN 9 Katobu Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), Isikijah, S.Pd

AKURATNEWS - Sebanyak 4834 siswa siswi Sekolah Dasar (SD) yang terdaftar dalam dapodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), sejak Selasa (17/05/2022) pekan lalu melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di Sekolahnya masing-masing selama seminggu lamanya.

Hari ini, (23/05/2022), Siswa-siswi SD di Kabupaten Muna itu kini mengakhiri pelaksanaan UASnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Dasar ( Dikdas) Dikbud Muna, Asuramada,S.Pd ditemui diruang kerjanya membenarkan hal itu.

" Iya benar. 4800 san lebih itu anak SD yang melaksanakan UAS tahun ini. Sesuai daftar yang ada dalam Dapodik kami. Dan hari ini mungkin, berakhir pelaksanaan UASnya," Ucapnya.

Sementara itu ditempat terpisa, Kepala SDN 9 Katobu, Isikijah,S.Pd yang juga ditemui diruang kerjanya dengan dilaksanakan UAS di sekolahnya selama seminggu yang berakhir hari ini, mengatakan jika dalam pelaksanaan ujian selama seminggu ini oleh anak anak didiknya itu tidak menemukan kendala apapun.

" Mereka melaksanakan ujian dengan baik. Tak ada kendala selama pelaksanaannya. Alhamdulillah hari ini berakhir pula dilaksanakan dengan baik," Tuturnya.

Dengan berakhirnya UAS hari ini, pihaknya dalam hal ini para dewan Guru mulai melakukan pemeriksaan hasil UAS anak anak didiknya itu.

" Hari ini juga kita langsung melakukan pemeriksaan bersama sama dewan Guru kami," Katanya.

Dia menjelaskan bahwa jumlah anak didiknya yang mengikuti UAS tahun ini sebanyak 92 orang dan tak ada yang tidak mengikuti ujian. " Semua ikut UAS. Tidak ada yang tidak ikut," Ucapnya.

Kata Kepsek SDN 9 Katobu itu juga bahwa dalam pelaksanaan UAS ini, untuk naskah Ujian dibuat pihak sekolah bersama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) di wilayah kecamatan katobu Muna.

" Untuk naskah ujian kami pihak sekolah bersama dengan KKKS diwilayah Katobu. Begitu juga pengawasan Ujian, selain dari pihak sekolah kami yang mengawas, juga dari guru guru SD diwilayah Katobu. Saling silang pengawas," Terangnya.

Dia pun berharap agar semua anak didiknya yang mengikuti UAS tahun ini, semuanya berhasil dengan baik.

" Insya Allah mereka semua berhasil dengan baik, agar dapat melanjutkan pendidikannya dijenjang selanjutnya," Tandasnya.

Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga