5 Cara Jitu Bersihkan Wajan dan Panci dari Kerak Hitam Membandel

5 Cara Jitu Bersihkan Wajan dan Panci dari Kerak Hitam Membandel
5 Cara Jitu Bersihkan Wajan dan Panci dari Kerak Hitam Membandel

AKURATNEWS - Suka masak, tapi sebel saat lihat wajan atau panci Anda berkerak? Ya, hal ini memang suka mengganggu kita. Apalagi, kerak hitam pada peralatan masak bisa membuat dapur Anda terlihat kotor. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara mudah untuk membersihkan wajan dan panci di dapur Anda dari kerak hitam yang membandel. Seperti apa? Simak berikut ini, yuk!

1.   Rendam dengan air panas dan sabun cuci piring

Jika wajan dan panci Anda sudah berkerak, segera rendam dengan campuran air panas dan sabun pencuci piring. Hal ini bertujuan untuk melembabkan kerak yang menempel pada permukaan wajan atau panci Anda. Tunggulah beberapa saat agar kerak dapat mudah terangkat ketika Anda bersihkan.

2.   Oleskan dengan campuran air dan baking soda

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat campuran baking soda dan sedikit air. Buat campuran ini dengan perbandingan 2:1 atau 3:1 agar hasilnya menjadi kental seperti krim. Jangan sampai campuran tersebut terlalu cair karena justru  tidak akan efektif. Setelah itu, oleskan ke bagian wajan atau panci yang berkerak. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, lalu gosok dengan sikat baja. Terakhir, bilaslah dengan air bersih sampai campuran tersebut hilang.

3.   Siram dengan cuka

Kandungan asam asetat pada cuka mampu menghilangkan kerak hitam pada wajan atau panci, loh. Anda dapat menyiram atau menyemprotkan cuka langsung pada permukaan berkerak, tanpa dicampur dengan air. Diamkan kurang lebih satu jam, lalu gosok dengan sikat cuci piring dari baja hingga bersih. Setelah itu, bilaslah hingga bersih menggunakan air mengalir.

4.   Oleskan dengan saus tomat

Siapa sangka ternyata saus tomat juga efektif membersihkan kerak pada wajan dan panci. Caranya pun cukup mudah, yaitu cukup oleskan saus tomat ke bagian yang berkerak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci bersih menggunakan sabun pencuci piring dan keringkan. Kerak hitam membandel akan hilang sekejap!

5.   Rendam dengan campuran air panas, sabun cuci piring, dan jeruk nipis

Sama dengan cuka, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga dapat membantu menghilangkan kerak hitam pada wajan dan panci. Anda hanya perlu menyiapkan  campuran air panas, sabun cuci piring, dan air perasan jeruk nipis. Rendam wajan dan panci ke dalam campuran tersebut selama semalam. Keesokan harinya, cuci bersih bagian permukaan berkerak dengan sikat baja dan bilas kembali dengan air hangat. Pastinya,  wajan dan panci Anda akan kembali berkilau!

Nah, itu dia 5 cara jitu membersihkan wajan dan panci dari kerak hitam yang membandel. Mudah, bukan? Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi peralatan dapur terlihat kusam dan kotor.  Namun, bila sudah tidak bisa dibersihkan dengan beberapa cara di atas, tandanya Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Anda bisa menemukan berbagai wajan dan panci berkualitas hanya di Ruparupa.com

Situs e-commerce satu ini juga menjual berbagai peralatan dapur dan perabot rumah berkualitas dari merek ternama, seperti Informa dan Ace Hardware. Tentunya, banyak sekali penawaran menarik yang dapat Anda peroleh jika belanja di sini. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!

Penulis: Putra Tobing

Baca Juga