5 Tips Mengatasi Pompa Air Berdengung dan Macet

Akuratnews.com - Mengatasi pompa air berdengung dan macet – Pompa air menjadi salah satu elektronik yang penting di sebuah rumah. Yang namanya alat elektronik pasti sering mengalami berbagai macam masalah terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih lagi jika pompa tersebut sudah berumur maka berbagai macam masalah pasti akan muncul. Kasus yang sering terjadi adalah pompa tersebut mengalami berdengung dan juga macet.

Banyak yang menganggap kerusakan ini sangat parah sehingga tidak mengherankan jika banyak yang kemudian membawanya ke tempat service. Memang ada beberapa kasus dimana pompa air yang berdengung dan macet disebabkan oleh dinamo yang terbakar sehingga penting bagi Anda untuk menganalisa apa yang menyebabkan pompa air tersebut berdengung dan juga macet terlebih dahulu. Sebelum membawa ke tempat service ada beberapa cara mengatasi pompa air berdengung dan macet yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Cari Penyebabnya

Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pompa air berdengung dan macet yang pertama adalah Anda harus mencari tahu penyebabnya. Sebagian besar masalah pada pompa yang berdengung dan macet ini dikarenakan kapasitor yang rusak, bearing macet, dan lain sebagainya. Namun sebagian besar pompa yang berdengung dan macet ini disebabkan oleh mesin dinamo yang terbakar.  Analisa yang tepat akan membuat tindakan penanganan yang dilakukan  ini juga tepat sesuai dengan kerusakan yang ada.

Dinamo Terbakar

Mengatasi pompa air yang berdengung dan macet bisa dengan mengganti dinamo.  Hal ini sangat wajar karena dinamo ini bekerja secara mekanik sehingga jika terbakar akan berimbas pada putaran mesin pompa tersebut. Dinamo terbakar ini bisa ditandai dengan suhu panas dan tinggi bahkan bau gosong bisa tiba-tiba muncul.

Untuk memastikan dinamo telah rusak coba periksa kondisi mesin apakah dalam keadaan macet atau tidak. Jika macet maka kondisi dinamo mungkin dalam keadaan baik-baik saja namun jika tidak macet kerusakan bisa disebabkan oleh dinamo. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa langsung membawa ke tempat service. Memang biaya mahal namun cukup tepat dibanding harus membeli mesin yang baru.

Mengatasi Bearing yang Macet

Jika pompa berdengung dan mace disebabkan oleh bearing macet Anda bisa mengatasinya dengan menggantinya ulang. Anda bisa mempercayakan penggantian ini kepada jasa service dan juga reparasi jika tidak mampu  melakukannya sendiri.

Ciri bearing yang macet adalah menimbulkan suara yang seperti menahan atau mendengung di mesin pompa tersebut. Anda perlu melakukan pemeriksaan pada bearing pompa tersebut dengan cara memutar rotor atau secara manual dengan menggunakan bantuan tangan. Setelah diputar cobalah rasakan apakah putarannya berat atau macet.

Untuk memastikan kerusakan ini Ada perlu melakukan pembongkaran pada mesin pompa air Anda. Selain kerusakan penyebabnya juga bisa dikarenakan aus  dan juga berkarat pada bagian luar bearing tersebut ketika mesin pompa dibongkar.

Disebabkan oleh Kapasitor

Pompa berdengung atau macet bisa disebabkan oleh bagian kapasitor. Pada unit ini mesin pompa rumahan biasanya menggunakan sistem listrik sebagai penunjang dari kinerja unit pompa tersebut.  Fungsi utama dari kapasitor ini adalah membantu kumparan atau dinamo mesin pompa saat melakukan starting pada pompa yang kondisinya terganggu.

Pada umumnya hal ini menyebabkan pompa tidak mau berputar hanya mendengung saja, sehingga periksa bagian komponen kapasitor tersebut dengan menggunakan alat ukur Anda bisa menggunakan Multitester atau Avo untuk memeriksa komponen kapasitor tersebut.

Kerusakan pada komponen kapasitor tersebut bisa dikenali dengan melihat fisik atau tampilan pada body luarnya yang menggelembung, pecah, bocor, atau bahkan meleleh. Jika komponen kapasitor tersebut terbukti lemah Anda hanya perlu mengganti dengan kapasitor yang sama karena tidak bisa diperbaiki kembali.

Mengatasi Pompa yang Tegangan Drop atau Turun

Mengatasi pompa air berdengung dan macet selanjutnya adalah mengecek tegangan karena bisa disebabkan oleh tegangan listrik drop atau turun. Beberapa orang belum tahu jika tegangan listrik yang tidak stabil bisa berpengaruh terhadap putaran mesin pompa tersebut. Yang perlu diketahui adalah jika tegangan listrik benar-benar drop bisa ditandai dengan putaran mesin pompa yang lambat bahkan  tidak bisa berputar sama sekali dan hanya mendengung.

Untuk masalah tegangan listrik drop atau turun ini bisa disebabkan oleh jalur instalasi di rumah yang kurang baik dan biasanya disebabkan oleh kesalahan penggunaan kabel yang kurang memenuhi standar misalnya adalah kabel yang terlalu kecil sehingga tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik. Selain itu penurunan jaringan listrik ini disebabkan oleh jaringan yang dimiliki oleh listrik PLN yang ada di daerah tersebut.

Agar pompa awet tentunya Anda harus membeli di tempat yang kredibel dan memiliki reputasi baik dimana mereka menjual mesin pompa dengan kualitas terbaik. Anda bisa membelinya di Ruparupa yang mana menjadi platform e-commerce dan home living terbaik nomor satu di Indonesia. Disini tersedia berbagai macam mesin pompa yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan keinginan Anda. Jika beberapa cara mengatasi pompa air berdengung dan macet di atas tidak berhasil maka tidak ada jalan lain selain membeli unit pompa yang baru, silahkan membelinya di Ruparupa karena banyak promo dan diskon besar-besaran menanti Anda.

Penulis: Redaksi

Baca Juga