84 Napi Lapas di Abdya Dapat Remisi HUT ke-76 RI

AKURATNEWS, Abdya | Sebanyak 84 orang warga binaan Lapas Kelas IIB Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima Remisi Umum HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Berkas remisi diserahkan secara simbolis oleh Kepala Lapas Kelas IIB Blangpidie Ahmad Widodo, kepada dua orang perwakilan warga binaan dengan pedoman protokol kesehatan di aula Lapas setempat, Desa Alue Dama Kecamatan Setia, Selasa (17/8).

"Terhitung sampai dengan hari ini warga binaan di tempat kita berjumlah 170 orang. 84 orang di antaranya mendapat remisi umum HUT ke-76 RI," ungkap Ahmad Widodo kepada akuratnews.

Ia merincikan dari 84 warga binaan yang mendapat potongan hukuman untuk satu bulan sebanyak 6 orang, kemudian yang memperoleh remisi dua bulan 15 orang, lalu warga binaan yang memperoleh remisi tiga bulan 25 orang.

Selanjutnya, 24 orang warga binaan memperoleh remisi empat bulan, lalu 12 orang memperoleh remisi lima bulan dan sisanya 2 orang warga binaan memperoleh remisi enam bulan.

Kalapas menandaskan ke-84 orang tersebut layak mendapatkan pemotongan hukuman lantaran memiliki kepatuhan yang baik dalam menjalani pembinaan diri. Mereka dinilai telah berubah menjadi pribadi yang terampil dan mandiri.

Pemberian remisi umum itu sendiri didasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Penulis:

Baca Juga