Sembilan Cara Memilih Marketplace Bagi Pemula

AKURATNEWS - Cara memilih marketplace untuk jualan online menjadi sangat penting bagi kamu yang ingin memulai jualan di platform digital. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Lalu, bagaimana cara memilih marketplace maka sebaiknya kamu mengetahui apa itu marketplace. Marketplace sendiri merupakan sebuah mall online yang digunakan sebagai platform untuk tempat jualan online.

Saat ini, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa marketplace yang ada saat ini. Untuk diketahui, jualan menggunakan marketplace tidak perlu ribet, karena kamu tidak perlu membuat akun untuk berjualan dengan domain ataupun web web hosting. Artinya kamu tidak harus membuat website khusus untuk dagangan kamu.

Umumnya mereka yang ingin berjualan online pasti akan membidik marketplace yang banyak digunakan. Namun sebenarnya kamu juga harus mempertimbangkan antara marketplace yang dipilih dengan produk yang dijual.

Sebagai contoh marketplace jualan online Evermos sangat cocok buat yang ingin menjual produk-produk muslim.

Jika kamu punya produk pakaian, kerudung, atau makanan halal, maka marketplace ini sangat cocok sesuai dengan target konsumen yang dibidik.

Cara memilih marketplace

Ketika kamu sebagai pemula yang ingin berjualan online maka ada beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan untuk memilih marketplace yang tepat, diantaranya:

1. Mengetahui Sejarah dan Reputasi

Langkah awal cara memilih marketplace dengan mengetahui sejarah latar belakang dan reputasi dari marketplace tersebut.

Informasi mengenai latar belakang dan reputasinya dapat kamu ketahui dari kapan marketplace tersebut berdiri, pengalaman dari para pengguna yang telah lebih dulu dan bagaimana sistem kerjanya.

Mengetahui hal ini dari mesin pencari yang dapat memberikan banyak informasi kepada kamu mengenai marketplace yang sedang dianalisa.

Setelah yakin marketplace tersebut baik, maka kamu dapat memilihnya untuk menjual produk kamu.

2. Market yang Memiliki Layanan Lengkap

Dalam kurun waktu belakangan ini, marketplace di Indonesia mulai menjamur. Sebelumnya, para pelaku bisnis online menjual produknya dengan membuat website sendiri. Namun kelemahan dari toko online dengan menggunakan website sendiri yaitu kurangnya kepercayaan dari konsumen.

Secara umum, marketplace berfungsi sebagai jalan penengah antara penjual dan pembeli, sehingga terdapat suatu kepercayaan dari pihak pembeli. Dari masing-masing marketplace memberikan penawaran yang berbeda-beda.

Sebelum menentukan pilihan, maka kamu wajib membandingkan keunggulan dan kekurangan dari setiap marketplace yang kamu pilih. Pilihlah market yang menyediakan layanan lengkap, sehingga dapat mendukung bisnis.

3. Menyediakan Fasilitas Gratis

Dalam mempromosikan marketplace pasti memberikan penawaran berbagai fasilitas dan keunggulan. Tentunya harus menentukan market yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis online yang akan kamu jalankan.

Biasanya juga ada jenis market yang menawarkan fasilitas lebih lengkap untuk buyer dengan biaya yang sangat minim. Jika itu dapat mendukung untuk perkembangan dan penjualan bisnis online, maka kamu dapat mencobanya.

Misalnya saja nol biaya liting, widraw gratis, iklan gratis dan sebagainya. Bagi yang masih pemula dan barang belum pasti terjual, maka akan sangat terbantukan dengan fasilitas marketplace yang menawarkan sistem gratis.

4. Market Ramai Pengunjung

Salah satu pertimbangan setiap pelaku usaha dalam mencari tempat tentu pertimbangannya lokasi tersebut ramai. Hal tersebut juga berlaku dalam memilih marketplace, kamu bisa melihat seberapa besar trafik pengunjung ke marketplace tersebut.

Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan marketplace, namun tidak semua market ramai dengan pengunjung. Ibaratnya mall, sebesar apapun mall itu dibangun dan menawarkan berbagai kebutuhan yang lengkap, jika pengunjungnya sepi maka produk yang di jual tidak memiliki prospek.

Maka dari itu, untuk mengembangkan usaha maka bergabunglah dengan marketplace yang memiliki banyak pengunjung. Kamu juga harus mempertimbangkan marketplace yang dipilih, apakah sudah dikenal secara luas oleh masyarakat atau belum. Selain itu, kamu juga harus melihat sejauh mana usaha marketplace tersebut menarik dan menjaring minat publik. Apakah ada iklan di media online dan offline. Jika ada iklan tersebut, berarti memiliki peluang ledakan pengunjung.

5. Memudahkan vendor dan customer

Dengan proses administrasi yang sulit, maka siapapun pasti tidak akan tertarik. Oleh karena itu, sebelumnya kamu harus pelajari terlebih dahulu, sejauh mana kebebasan yang ditawarkan oleh market untuk supplier dan customer.

Jika proses jual beli produk yang ditawarkan tidak bisa dilakukan dengan langkah sederhana, maka sudah pasti calon konsumen akan mengurungkan niatnya untuk berbelanja. Karena setiap orang lebih menyukai sesuatu yang praktis.

Jika usaha kamu sudah semakin berkembang, maka tidak ada salahnya untuk membuka cabang di market lain yang mendukung, serta proses transaksinya mudah dan nyaman.

6. Sistem Keamanan Terjaga

Inilah hal yang paling penting cara memilih marketplace, tingkat keamanan sebuah marketplace sangat penting untuk mencegah penipuan yang akan merugikan penjual atau pembeli.

Transaksi yang dilakukan secara online harus memiliki keamanan ganda, sehingga tidak mudah dilacak oleh hack atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab dan ingin mengeruk keuntungan.

Marketplace yang berkualitas dan memiliki sumber daya dalam bidang IT, maka akan selalu berusaha untuk menjaga keamanan setiap transaksi di market tersebut.

Pilihlah marketplace yang sudah memiliki motto terbaik dan selalu berkontribusi untuk masyarakat. Biasanya marketplace yang menjunjung CSR selalu mendapat tempat di hati masyarakat dan akan tetap eksis dalam jangka waktu lama.

7. Pelajari Fitur Layanan marketplace

Setiap situs market sudah pasti menawarkan fitur-fitur yang yang ditawarkan. Beberapa fitur di market wajib cermati, apakah bisa untuk mendukung kesuksesan dalam berjualan atau tidak. Jangan mudah terpancing dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, namun harus fokus pada fitur yang sesuai dan bisa mendukung bisnis online yang akan dijalankan.

Contoh: keuntungan usaha rumahan Evermos, salah satu yang paling membedakan antara Evermos dengan marketplace lainnya adalah target konsumen yang tersaring.

Di Evermos dengan target kaum muslim maka sangat cocok buat usaha rumahan yang berbau produk muslim. Kesesuaian antara produk dan konsumen akan memberikan peluang dagangan online kamu akan dibeli dan akan sering mendapatkan pelanggan tetap.

8. Pahami Prospek market yang Ditawarkan

Dalam memilih situs marketplace yang tepat untuk berjualan produk secara online, maka kamu harus memahami prospeknya di masa depan.

Meskipun tidak ada yang mampu memastikan masa depan. Namun, setidaknya bisa mengamati, meneliti, mengevaluasi dan mensurvei marketplace tersebut terhadap perkembangan bisnis onlinenya yang sedang berjalan.

Dengan pemahaman yang baik pada suatu market, maka bisa mendapatkan keyakinan dan kepastian yang jelas untuk menjalankan bisnis online dengan menjual produknya di market tersebut.

9. Layanan Pelanggan Mudah Dihubungi

Situs marketplace yang berkualitas bisa dijadikan jembatan untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli. Biasanya akun di catumkan alamat e-mail, no telepon, kontak instan messeging dan akun media sosial, karena sangat penting dan dibutuhkan untuk memberikan layanan yang baik kepada pelanggan.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis online yang akan menggunakan marketplace untuk berjualan harus menyelidiki terlebih dahulu untuk menentukan toko online yang tepat dan bisa Anda gunakan untuk berbisnis online dengan lancar.

Dengan memilih situs market yang tepat sebagai tempat penjualan produk Anda, maka Anda bisa memahami prospek usaha ke depannya.

Bahwa bisnis online akan dibawa ke mana, tentunya ingin memiliki pasar yang luas dan memiliki banyak pelanggan. Sehingga bisa mendapatkan omset penjualan yang berkali lipat.

Dengan pemahaman yang baik dan teliti terhadap marketplace yang menawarkan berbagai keunggulan masing-masing. Maka akan mendapatkan suatu keyakinan dan kepastian yang mantap dengan menjalankan bisnis penjualan online di market.

Kamu pun bisa berjualan di marketplace sebagai usaha sampingan di tengah aktifitas pekerjaan utama.

Itulah beberapa cara memilih marketplace yang bisa menambah pengetahuan kamu, sehingga kamu sukses berjualan online meski baru pemula.

Penulis: Redaksi

Baca Juga