9 Orang Tewas Akibat Gempa Magnitudo 5,7 di Perbatasan Turki-Iran

Ilustrasi Gempa (Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - Sembilan orang tewas dan sejumlah bangunan runtuh di Provinsi Van, Turki, pada Minggu (23/2) ketika gempa magnitudo 5,7 melanda di perbatasan Turki-Iran. Puluhan desa dan kota terdampak lindu di kedua negara.

Kementerian Kesehatan Turki menerangkan bahwa tiga orang yang tewas adalah anak-anak. Ada pun 50 lainnya terluka, dan sembilan di antaranya dalam kondisi kritis.

Pusat Seismologi Iran (IRSC) menyebutkan bahwa gempa melanda pada pukul 09.24 waktu setempat dengan kedalaman 6km. Gempa berpusat di desa perbatasan Iran Habash-e Olya.

Setidaknya 75 orang terluka dan sejumlah rumah rusak di 43 desa di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menuturkan bahwa gempa dangkal itu memicu sekitar 1.066 bangunan roboh di Turki, mendorong upaya penyelamatan untuk menemukan mereka yang terjebak di bawah puing-puing.

Gempa kedua, yang berpusat di Khoy, Provinsi Azerbaijan Barat, mengguncang pada pukul 19.30 waktu setempat. Tidak ada korban dalam gempa kedua.

Disilangkan oleh garis patahan utama, Iran dan Turki adalah di antara negara-negara yang paling rawan gempa di dunia. Pada 1999, sekitar 17.000 orang dilaporkan tewas akibat gempa di Izmit, Turki barat. Di Iran, lindu yang mengguncang pada 1990 menewaskan 40.000 orang.

Penulis: Redaksi

Baca Juga