Dituduh Sebagai Tenaga Kerja Ilegal

9 WNI di Penjara di Malaysia? Kinerja Perwakilan RI Buruk, Kata Kuasa Keluarga

M. Furqon, Kuasa Hukum Keluarga WNI yang di Penjara di Malaysia. (Foto Istimewa)

Selain itu, dari hasil konfirmasi ke petugas KJRI yang sudah melakukan pengecekan di penjara Bentong, juga penuturan sejumlah WNI yang ada dipenjara, mereka mengatakan, telah digrebek, karena ada yang lapor ke KBRI dan sudah di konfirmasi oleh salah satu keluarga saat besuk pertama beberapa bulan lalu.

Ironisnya, pihak KBRI merupakan perwakilan Pemerintah RI yang secara legal konstitusi punya hubungan diplomatik dengan pemerintah Malaysia.

Dalam hal ini, KBRI mengetahui laporan secara bersurat dan tersirat bahwa terdapat warga Indonesia berjumlah sembilan orang wanita berusia 18 sampai 23 tahun yang ditangkap dan sejak tiga bulan lalu telah dijatuhi hukuman oleh Mahkamah Pengadilan Diraja Malaysia, dan menjalani hukuman di rutan Bentong Pahang Malaysia.

"Anehnya, kenapa pihak keluarga terdakwa dilarang memasuki area penjara oleh sipir tersebut.," Ujar Furqon.

Bahkan menurut Furqon, perwakilan RI yang sudah dikirimkan laporan pengaduan oleh pihak keluarga melalui WNI BHI Kemenlu RI via pengaduan online untuk segera diproses pada bulan Juli 2019 silam, bahkan tidak di tanggapi serius dan tidak menjawab perihal apapun, sampai keluarga memutuskan untuk mendatangi KBRI di Malaysia pada Senin (2/9/2019) kemarin.

"Sungguh aneh kinerja KBRI Malaysia, sementara pihak keluarga saja yang jauh-jauh dari Indonesia akhirnya berusaha maksimal untuk dapat berjumpa dengan anak-anaknya, sementara Pejabat perwakilan RI baru melakukan upaya pengecekan. dan tidak diperbolehkan pula bertemu dengan para korban. Ada apa ini?" kata Furqon.

Selanjutnya 1 2 3

Baca Juga