Dirangkai Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumut

9th Indonesia Climate Change Forum & Expo 2019 Resmi Dibuka

Medan, Akuratnews.com - Indonesia Forum dan Expo 2019 ke 9 dan Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara yang dilangsungkan mulai 5 - 7 September 2019 dibuka secara resmi di Santika Premiere Dyandra Hotel di Medan, Kamis (5/9/2019).

Hadir sekaligus membuka secara resmi acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajecksah. Turut hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) Agus Justianto, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ir Djati Witjaksono Hadi MSi, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, para Forkopimda, mewakili Negara Sahabat, OPD dilingkungan Provinsi, perwakilan Kabupaten/Kota dan para peserta dari berbagai daerah di Sumut dan luar Sumut serta undangan instansi sipil, TNI/Polri serta pelajar.

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajecksah dalam sambutannya berharap Edukasi Lingkungan Dimulai Sejak Dini.

"Saya berharap di sekolah-sekolah wawasan lingkungan ini diintegrasikan dalam pelajaran-pelajaran sekolah. Sehingga, anak-anak kita sejak dini terbiasa dengan semangat melestarikan lingkungan," ujarnya.

Melalui pameran dan expo, sebut Musa, masyarakat Sumut bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pelestarian lingkungan dan perubahan iklim yang saat ini menjadi isu global.

"Saat ini, pemprov juga gencar menyusun dan menjalankan program-program yang berkelanjutn dan ramah lingkungan. Sudah kita lakukan normalisasi sungai dan kita lakukan imbaun agar masyarakat tidak tinggal di daerah yang rawan-rawan bencana, termasuk daerah aliran sungai," ucapnya.

Sedangkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) Agus Justianto mewakili Menteri LHK RI menyampaikan bawah tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mensosialisasikan wawasan dan pemahaman tentang perubahan lingkungan di tengah masyarakat.

"Apalagi kita Indonesia bertekad untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 29 persen. Dari sektor kehutanan sebanyak 17 persen, energi 11 persen, dan sampah 1 persen. Koordinasi dan partisipasi aktif antara daerah dan pusat menjadi penting suksesnya perjuangan melawan perubahan iklim," jelas Agus.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) Zaki Wicaksana menyampaikan bahwa acara yang telah dilaksanakan selama sembilan kali ini akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 5 sampai 7 September 2019. Mengangkat tema Future Climate and Me, acara ini juga terintegrasi dengan pelaksanaan Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP menyampaikan laporan penyelenggaraan Pekan Lingkungan Hidup Sumatera Utara.

Adapun rangkaian yang akan dilaksanakan dalam 9th Indonesia Climate Change Forum and Expo diantaranya Talkshow Road to COP 25 Santiago Chile, Talkshow Aksi Nyata Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Energi Terbarukan, Talkshow Gaya Hidup Kurangi Sampah Plastik, Bincang Santai Youth for Future Climate, Coaching Clinic Belajar Konservasi bersama Generasi Muda Indonesia, games, penampilan seni dan budaya, hingga ragam lomba.

Hasil pantauan dilokasi acara, suasana pameran selain dipenuhi berbagai instansi Pemerintah, BUMN, Swasta juga dipenuhi warga yang antusias menghadiri pameran.

Baca Juga