OPINI

Agama Menjadi Penyebab Indonesia Tidak Maju ?

AKURATNEWS - Menurut kalian sendiri apa pengertian dari agama? Apa tujuan dari agama? Hal ini tentu menjadi pertanyaan banyak orang. Menurut KBBI, agama merupakan suatu ajaran dan sistem yang mengatur tata keimanan/ kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, serta tata kaidah terkait pergaulan manusia dengan manusia serta lingkungannya.

Berbicara tentang agama, di Indonesia sendiri telah memiliki 6 agama resmi yaitu, Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Khong Hu Cu. Tentu setiap negara mempunyai keinginan untuk menjadi negara yang maju, baik itu dari segi teknologi dan ekonomi yang seimbang.

Akan tetapi untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, butuh kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintahan yang ada. Jadi apa hubungan kemajuan negara indonesia dengan agama?

Munculnya pemikiran tersebut dikarenakan Indonesia dikenal sebagai negara yang beragama, sehingga yang menjadikan indonesia tidak berkembang seperti negara lain itu dikarenakan agama. Padahal kenyataannya tidak.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat kemajuan negara Indonesia dimata dunia seperti, pendapatan perkapita penduduk di Indonesia yang rendah, tingkat kesadaran masyarakat untuk bersekolah rendah, kurang tegas dalam hal pemerintahan dan masih banyak lainnya.

Dapat kita lihat pada faktor-faktor diatas bahwa agama sama sekali tidak ada hubungannya dengan perkembangan suatu negara, melainkan masalahnya terdapat pada masyarakat indonesia itu sendiri. Dalam pemerintahan agama berperan sebagai panduan utama.

Jika dibandingkan dengan negara-negara yang lain tentu negara Indonesia memiliki kemajuan teknologi yang berbeda, di mana negara lain lebih mementingkan teknologi dan sains dibandingkan agama. Jadi lantas apakah agama bersalah dalam hal ini?

Kemajuan dalam suatu negara tentu memiliki proses yang panjang. Jika kita lihat kebelakang, ke awal awal di mana Indonesia bisa menjadi sekarang, peran agama sangat penting dalam membangun etos kerja, tradisi keluarga, serta moral etika, dan lainnya, di mana faktor tersebut memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan negara.

Selanjutnya 1 2 3

Baca Juga