Agar Tak Seperti India, Ini Syarat Penerapan Lockdown Versi YPPA

Jakarta, Akuratnews.com - Guna menekan semakin mewabahnya virus Corona, wacana pemberlakuan lockdown menjadi sebuah cara yang patut dilakukan dengan sejumlah syarat.

"Kami mohon pemerintah pusat jangan terlalu hati-hati sehingga terkesan lambat. Rakyat sudah dalam situasi darurat dan membutuhkan kepemimpinan yang berani ambil resiko," ujar Ketua Umum Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA), Ade Fitrie Kirana di Jakarta, Senin (30/3).

Namun diingatkannya, ada sejumlah syarat yang harus dilakukan jika kebijakan ini diterapkan. Pemerintah dikatakannya, harus serius memikirkan kebutuhan rakyat jika kebijakan lockdown nanti jadi diterapkan. Pemerintah pun harus mampu meyakinkan masyarakat jika kebutuhannya terpenuhi.

"Dengan begitu, masyarakat tidak perlu berbondong-bondong dan berebutan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pemerintah diminta juga memastikan seluruh fasilitas umum yang menyuplai kebutuhan masyarakat seperti air minum, listrik, internet, televisi dan radio berfungsi dengan baik," ucapnya.

Tak hanya itu, banyak juga kelompok masyarakat yang harus dibantu kebutuhan ekonominya akibat kebijakan ini.

"Pekerja harian yang menyambung hidup dari gaji harian. Mereka harus betul-betul diperhatikan. Kita tidak boleh mengulangi pengalaman India yang tidak siap saat menerapkan kebijakan ini. Akibatnya, lockdown malah menimbulkan kekacauan dan kerusuhan sosial," paparnya.

Ditambahkannya, dalam suasana seperti ini, fasilitas listrik, intemet dan televisi sangat dibutuhkan. Tujuannya agar masyarakat yang berdiam di rumah dapat mengakses informasi.

"Jangan malah di batasi informasinya. Perlu ditindak tegas juga bagi penyebar hoax," imbuhnya.

Selama lockdown, kebutuhan alat kesehatan (alkes), Alat Pelindung Diri (APD) dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya juga dipastikan tersedia, termasuk kebutuhan bagi pekerja medis.

"Tidak hanya insentif sebagaimana yang telah dijanjikan. Mereka juga harus dipastikan aman saat sedang bertugas," ucapnya.

Bagi mereka yang statusnya OPD, PDP, dan positif Corona juga harus terus dilakukan pengobatan karena hal ini juga bagian dari kunci sukses pelaksanaan lockdown.

Terakhir, Ade Fitrie juga berpesan agar masyarakat terus disiplin dalam menjaga kondisi tubuh dan kebersihan.

"Minum air putih yang banyak, istirahat yang benar, asupan gizi dan sayuran dan vitamin yang benar, jaga sistem kekebalan tubuh dan rajin cuci tangan," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga