AIA Minta Dirjen Perhubungan Benahi Moda Transportasi Demi Keselamatan Pemudik

Anggota DPR RI, H. Andi Iwan Darmawan Aras (baju hitam) mengecek kesiapan kendaraan mudik di Terminal Regional Daya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. /ist/Akuratnews.

AKURATNEWS - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Bidang Infrastruktur dan Perhubungan, H Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) meminta Kementerian Perhubungan RI memastikan keselamatan pemudik.

Sebab kata dia, keselamatan pemudik adalah hal yang paling utama, sehingga diharapkan dapat menekan angka kecelakaan pada mudik lebaran 1443 hijriah tahun ini.

"Kita berharap semua fasilitas penunjang harus betul-betul diperbaiki, sehingga bisa memberikan layanan maksimal kepada masyarakat dalam mudik lebaran," kata AIA kepada wartawan Senin (25/4/2022).

Legislator Fraksi Gerindra itu tidak ingin ada tranportasi yang melebihi muatan dalam mudik lebaran. Selain kelayakan moda transportasi, fasilitas kesehatan harus lengkap.

"Catatan yang penting adalah soal keselamatan, terutama angkutan laut. Kita inginkan penyeberangan menggunakan kapal yang memang layak dan kemudian memenuhi dasar-dasar keselamatan serta fasilitas kesehatan," ungkapnya.

Menurutnya hal itu harus diminimalisir sejak awal agar tidak menimbulkan kecelakaan.

"Jangan sampai terjadi overload yang bisa berdampak pada risiko keselamatan penumpang," katanya.

Sebelumnya, Anggota DPR RI dua periode dan juga Ketua Partai Gerindra Sulawesi Selatan itu, terlihat turun langsung mengecek kesiapan kendaraan mudik di Terminal Regional Daya, Kota Makassar, Sulsel pada Sabtu (23/4/2022) kemarin.

AIA didampingi Kepala Balai Pengelola Tranportasi Darat Wilayah XIX Provinsi SulselBar Suria Abdi, Kepala Dishub Makassar Iman Hud, dan Direktur PD Terminal Makassar Risal.

AIA melihat, ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi. Baik itu di jalur udara, darat maupun laut. Pihaknya pun langsung melakukan komunikasi kepada Dirjen Perhubungan.

"Memang ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Kita sudah sampaikan kepada Dirjen Perhubungan Udara, Darat, dan Laut bahwa ada hal yang perlu disikapi dan dibenahi, baik itu bandara, pelabuhan, dan terminal," tuturnya.

Puncak arus mudik Lebaran diprediksi akan terjadi pada 28-30 April 2022 mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hilal atau bulan baru pertanda Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah akan terlihat pada Minggu 1 Mei sore. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga