Air Terjun Kedung Grujug

Sragen, Akuratnews.com - Wisata Kedung Grojog di Kabupaten Sragen Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pencuran air yang berlokasi di Desa Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah hanya mempunyai ketinggian 3 meter saja. Pancuran air ini bernama Kedung Grujug. Meski hanya memiliki ketinggian 3 meter, air terjun ini memiliki

pesonanya sendiri yang membuat pengunjung terpukau. Nama Kedung Grujud disematkan oleh warga sekitar Desa Doyong.

Keunikan air terjun Kedung Grujug terdapat pada tebing batu kapur. Air terjun Kedung Grujug dikelilingi oleh tebing batu kapur yang membingkai kolam dan air terjun. Tebing kapur yang mengelilingi air terjun memiliki relief yang terbentuk akibat pengikisan air sungai. Relief pada tebing batu kapur tersebut membuat air terjun ini terlihat cantik dan unik. Relief yang terdapat pada tebing batu kapur membuat aliran air terjun melebar ketika mengenai lapisan kapur dibawahnya.

Air yang mengaliri air terjun Kedung Grujud berasal dari aliran sungai Kali Pungkruk yang merupakan terusan Kedung Kancil yang akan bermuara di Waduk Kedung Ombo. Kedung Grujug memiliki air yang berwarna bening kehijauan yang membuat Kedung Grujug terlihat cantik. Debit air yang mengaliri air terjun Kedung Grujug dapat berubah berdasarkan musim. Aliran airnya akan kecil dan berwarna kehijauan apabila musim kemarau, namun musim penghujan datang aliran air Kedung Grujug terbilang deras dan berwarna coklat.

Air terjun Kedung Grujug cukup terkenal dikalangan wisatawan sekitar Kabupaten Sragen. Air terjun Kedung Grujug berjarak 30 kilometer dari pusat Kabupaten Sragen. Apabila ingin mengunjungi Kedung Grujug dapat menempuh perjalanan sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Solo. Dari Solo bisa melalui Jalan Solo-Grobogan, sesampainya di Simpang Tiga Modro ambil jalur menuju Kantor Kecamatan Miri. Kedung Grujug berada 1 kilometer dari Kantor Kecamatan Miri.

Lokasi air terjun Kedung Grujug sudah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi Google Maps. Setelah proyek Jalan Tol Solo-Ngawi, perjalanan menuju Kedung Grujug dapat ditempuh melalui jalan Tol. Perjalanan dari Kota Solo dapat dilalui dari Gerbang Tol Solo lalu keluar di Gerbang Tol Sragen, lalu dari exit Gerbang Tol Sragen belok kiri ikuti jalan hingga sampai Kantor Kecamatan Miri.

Biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk biaya parkir saja, sedangkan tiket masuk ke Kedung Grujug masih gratis. Kendaraan roda empat akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000,- dan roda dua sebesar Rp. 2000,-. Dari tempat parkir yang berada di halaman rumah warga, harus berjalan kaki sekitar 10 menit menuju Kedung Grujug dengan medan yang sedikit menurun. Walaupun letaknya cukup jauh dari pusat kota, namun suasana asri yang disajikan Kedung Grujug akan mengobati rasa lelah saat diperjalanan.

Penulis: Redaksi

Baca Juga