Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan, DLHK Gelar Sidoarjo Bersih dan Hijau Award 2019

Bupati Saiful Ilah didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin dan Asisten APP Setda Benny Airlangga saat menyerahkan tropi dan penghargaan Juara I SBH 2018/2019 yang diraih Desa Kepuh Kemiri, Tulangan. (Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Produksi sampah di Kabupaten Sidoarjo telah mengalami lonjakan drastis hingga melampaui kapasitas.  Namun, Sidoarjo hanya memiliki satu tempat pembuangan akhir (TPA) saja, yakni di Desa Kupang, Jabon. Bahkan, timbunan sampah di lokasi TPA ini sudah mencapai ketinggian 20 meter.

Hal itu diungkapkan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat memberikan sambutan dalam acara bertajuk "Malam Penganugerahan Penghargaan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Award 2019" yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, bertempat di Alun - alun Sidoarjo, Sabtu (22/6/2019).

"Maka itu, saya mengajak seluruh masyarakat Sidoarjo, baik dari instansi pemerintah, swasta maupun organisasi kemasyarakatan untuk memahami pentingnya kebersihan, keindahan dan kelestarian lingkungan. Nah, dengan penyelenggaraan acara ini, selain sebagai bentuk komitmen Pemkab mewujudkan Sidoarjo bersih dan hijau, juga pemicu bagi masyarakat, agar memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan," tandas Bupati Saiful Ilah.

Jelang berakhirnya acara, Bupati Saiful Ilah yang didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD Sullamul Hadi Nurmawan dan Asisten APP Setda Benny Airlangga serta sejumlah pejabat terkait dan jajaran Forkopimda telah menyerahkan penghargaan SBH Award 2019 yang terbagi beberapa kategori..

Berikut tokoh masyarakat dan desa-desa yang berhasil meraih penghargaan SBH Award 2019:

1. Kelurahan/Desa paling Inovatif: Kelurahan Gebang, Sidoarjo;

2. Pejuang Lingkungan Terbaik: Bani Hariyadi (Desa Mergosari, Tarik);

3. Pembina Lingkungan Terbaik: Iswan (Kades Lajuk, Porong), Sugeng Santoso (Kades Jemundo, Taman) dan Kusno (Kades Kedung Rawan, Krembung);

4. Yel - yel: Desa Kludan, Tanggulangin, Desa Jemundo, Taman dan Desa Lajuk, Porong;

5. SBH 2018/2019: Desa Kepuh Kemiri, Tulangan (Juara I), Desa Ngares Rejo, Sukodono (Juara II) dan Desa Ganting, Gedangan (Juara III) serta Desa Kludan, Tanggulangin (Juara Harapan I) dan Desa Prasung, Buduran (Juara Harapan II).

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga