Akhir Maret, PDI Perjuangan Akan Umumkan Bakal Calon Gubernur Kalteng 2020

Palangka Raya, Akuratnews.com - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Organisasi dan Pengkaderan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat mengatakan rekomendasi bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah di Kalimantan Tengah 2020 diumumkan akhir Maret.

"Saya sampaikan tadi bahwa Pilkada di Kalteng hanya ada dua yakni Pilgub dan Pilbup di Kotawaringin Timur. Jadi dua lebih mudah untuk dilakukan seleksi, maka rekomendasi untuk Kalteng ditargetkan akhir Maret ini," kata Djarot di Palangka Raya, Sabtu (7/3/2020).

Dia menambahkan bahwa pihaknya saat ini masuk fokus pada pengodokan rekomendasi calon kepala daerah yang jumlahnya lebih banyak dari di Kalimantan Tengah.

"Kita fokus pada wilayah jumlah pelaksanaan pilkadanya banyak. Wilayah itu seperti Sulawesi dan Jawa. Jadi masih cukup panjang waktunya untuk menyelesaikan dan menetapkan bakal calon yang mendapat rekomendasi dari partai," ucap Djarot.

Djarot menerangkan di antara kriteria sosok yang bakal diusung partai berlambang banteng moncong putih itu seperti memiliki kemampuan dalam pemerintahan, berintegritas tinggi dan berani keluar dari zona nyaman.

"Kita bukan hanya mencari kepala daerah, tetapi benar-benar mencari sosok pemimpin yang berpihak pada rakyat dan program pembangunannya selaras dengan program pembangunan nasional," ujarnya.

Pernyataan itu diungkapkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu usai membuka acara rapat kerja daerah DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah yang digelar di salah satu hotel di Palangka Raya.

"Saya juga berpesan agar kita terutama kader PDI Perjuangan selalu menjunjung tinggi iklim demokrasi yang kondusif dan selalu menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang arif dan bijak," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah, Arton S Dohong menerangkan bahwa di wilayah kerjanya sudah terbentuk 136 ranting. Bahkan untuk konsolidasi juga dilaksanakan hingga tingkat anak ranting.

"Sementara terkait rekomendasi, semua wewenang DPP. DPD hanya menyampaikan berkas. Namun, kami siap all out mendukung setiap keputusan partai. Sebagai kader kami siap melaksanakan perintah partai dan ini sudah menjadi tekat dan janji sebagai kader partai," tutur Arton.

Penulis: Redaksi

Baca Juga