Nasib Tenaga Kerja Harian Lepas

Akhirnya, Gaji Pekerja Harian Lepas yang Terlambat Dibayar, Cair Sudah!

Dinas LHK Kabupaten Sidoarjo. (Foto istimewa).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Polemik tertundanya gaji para tenaga kerja harian lepas (TKHL) di dinas LHK Kab. Sidoarjo akhirnya terselesaikan. Dikabarkan, gaji TKHL yang semula tertunda sudah dibayarkan pada Selasa (14/5/2019) kemarin.

Reporter Akuratnews.com menelusuri informasi 'cair'nya gaji TKHL yang selama ini dikeluhkan para pekerja yang sudah puluhan tahun mengabdi di Pemkab Sidoarjo khususnya di dinas LHK.

Sebelumnya diketahui, mengutip keterangan salah seorang pekerja yang enggan namanya disebutkan (nama ada pada redaksi), akibat kerap tertundanya gaji mereka selama ini, para pekerja harian lepas terpaksa harus meminjam kiri kanan atau berutang untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, utang kian menumpuk dan nasib mereka kian memperihatinkan.

Namun, dari informasi yang didapat, diketahui, hak mereka berupa gaji bulan Mei 2019 yang ditunggu-tunggu selama ini, telah diterima. "Sudah cair gajinya," ucapnya singkat.

Kendati demikian, tetap ada kekhawatiran dari para pekerja TKHL, apakah gaji bulan depan atau bulan-bulan berikutnya, juga akan kembali terlambat dibayarkan? Meski status mereka hanya sebagai pekerja harian lepas, namun untuk pembayaran gaji, mereka berharap bisa dibayarkan di awal-awal bulan selayaknya PNS menerima gaji.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga