Akhirnya, Seribu Lebih WBP Rutan Cilodong Depok Divaksinasi Covid-19

Karutan Cilodong Depok Muhamad Irvan Muayat di lokasi Vaksinasi Covid-19 WBP di area gazebo lapangan Rutan Cilodong Depok
Karutan Cilodong Depok Muhamad Irvan Muayat di lokasi Vaksinasi Covid-19 WBP di area gazebo lapangan Rutan Cilodong Depok

AKURATNEWS.COM- Sekitar 1.433 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cilodong Kota Depok, Jawa Barat akhirnya akan menerima Vaksinasi Covid-19 di area gazebo di lapangan Rutan Cilodong, Rabu,(4/8).

"Proses Vaksinasi Covid-19 para WBP akan berlangsung dalam satu hari ini. Pelaksanaanya kami dibantu sejumlah pihak yakni Dinas Kesehatan, Polri dan TNI", ucap Plh Kepala Rutan Cilodong Depok Muhamad Irvan Muayat, Rabu,(4/8).

Irvan mengatakan, dosis vaksin jenis AstraZeneca mendapat bantuan dari pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok. Sedang untuk pelaksana tenaga kesehatan atau nakes dari bantuan pihak Polri.

"Untuk Nakes-nya kami mendapat bantuan dari RS Bhayangkara Polri. Ada sebanyak 50 orang Nakes. Dosis vaksin dari Dinkes Depok", ujar Irvan di Rutan Cilodong, Depok.

Adapun, masih kata Irvan, kegiatan vaksinasi tahap I yang diselenggarakan hari ini Rabu, 4 Agustus 2021 terhadap 1.433 WBP,  sebanyak 48 orang WBP tak dapat  divaksinasi lantaran sakit dan satu orang lagi telah bebas.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi Covid-19, lanjut Irvan, pihaknya telah terlebih dulu lakukan sejumlah tahab terkait suksesi pelaksanaan vaksinasi terhadap WBP maupun jajaran petugas Rutan.

"Sosialisasi terhadap para WBP sekaligus memberikan pemahaman manfaat vaksinasi berikut teknis pelaksanaanya termasuk kepada petugas di Rutan", jelasnya.

Sementara, Kepala Pengamanan Rutan Kelas I Cilodong Depok Nu'man Fauzi menambahkan saat pelaksanaan vaksinasi pihaknya mentargetkan waktu sesingkat mungkin mulai dari proses pemanggilan, skrining hingga WBP selesai disuntik vaksin.

"Dalam agenda sosialisasi kemarin kami juga sudah berikan paparan tahapan pelaksanaan terkait durasi waktu yang ditarget sekitar 4-5 menit tiap satu WBP", katanya

Jadi, kata Fauzi pelaksanaan vaksinasi bisa selesai dalam satu hari. Karena untuk validasi data sudah on proses sejak Selasa, (3/8) kemarin.

Terkait pengamanan, Fauzi mengaku telah menambah jumlah personil jaga dengan melibatkan kekuatan penuh penjagaan yang dimiliki Rutan Cilodong.

"Kami juga mengandeng pihak dari Koramil, Polsek dan Divisi Kostrad Cilodong. Jadi total pengamanan sekitar 30 personil. Termasuk Provost Kostrad Cilodong", paparnya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis AstraZeneca bagi WBP Rutan Cilodong, Kepala Dinas Kesehatan Novarita mengatakan jika pihaknya hanya mensuplai dosis vaksin.

"Sekitar seribu dosis vaksin yang kami kirimkan untuk pelaksanaan tersebut", singkat Novarita saat dihubungi Akuratnews.com.

Guna mensukseskan giat vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di area gazebo di lapangan Rutan Kelas I Cilodong Depok, pihak rutan menyiapkan sebanyak 10 unit meja untuk vaksinator dan 14 unit meja untuk proses skrining.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga