Aksi Tawuran Remaja Disebut Akibat Penyalahgunaan Narkoba

AKURATNEWS - Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) angkat suara terkait aksi tawuran yang menyebabkan satu orang berinisial MF (16 tahun) tewas di Jalan Penataran, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak LPAI, Agusman mengatakan pihaknya sepakat sebagian besar aksi tawuran terutama yang dilakukan anak atau remaja, didahului dengan adanya penyalahgunaan narkotika.

"Kita sepakat bahwa sebagian besar aksi tawuran didahului dengan penyalahgunaan narkotika. Kenapa terjadi? Tentunya ada persoalan yang melatarbelakangi. Termasuk peran keluarga dan komunitas," ujar Agusman saat dikonfirmasi awak media di Jakarta, Rabu, 20 Oktober 2021.

Agusman berharap adanya kolaborasi pihaknya dengan kepolisian untuk mengetahui wilayah mana saja yang berpotensi terjadinya tawuran dengan melibatkan anak dibawah umur, khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

Agusman juga berharap adanya kolaborasi penanganan anak karena ranah ini termasuk persoalan sosial dan kesalahpahaman penggunaan medsos di era teknologi saat ini.

"Tugas ini penting bukan hanya tugas polisi, tetapi lembaga sosial yang berkaitan dengan anak. Di DKI, kita punya pos pengaduan yang berkaitan dengan psikologis anak, ada di rumah susun dan RPTRA" jelas Agusman.

"Masyarakat bisa menggunakan fasilitas itu untuk melaporkan potensi kejadian terhadap anak yang ada di wilayahnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Agusman juga berharap pihaknya bisa terlibat pendampingan proses penyidikan dan peradilan pelaku. Selain itu, ia juga berharap pihaknya terlibat dalam pendampingan terhadap keluarga korban.

"Semoga kami bisa terlibat pendampingan selama proses penyidikan dan peradilan. Pendampingan pelaku dan keluarga korban untuk pendampingan psikologis seperti konseling," tuntasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Susilo

Baca Juga