Akurat 90 Persen, 3D Laser Scanner Kini Jadi Andalan Korlantas Polri

Jakarta, Akuratnews.com - Para pelaku penyebab kecelakaan lalu lintas (laka lantas) kini jangan coba-coba mengelabui polisi.

Pasalnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kini menggunakan alat 3D Laser Scanner saat olah tempat kejadian perkara (TKP) laka lantas.

Alat buatan Swiss ini mampu memberikan gambaran yang tepat dan diklaim punya hasil yang akurat hingga 90 persen.

"Alat ini bisa merepro kejadian laka lantas sebelum, saat terjadi dan sesudahnya. Hasilnya bisa dilihat dari tampak atas, samping, depan dan belakang. 90 persen akurat karena bukti autentik di TKP bisa tergambarkan," beber Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas  Polri, Brigjen Pol Pujiono Dulrahman saat  Penutupan Kegiatan Peningkatan Kemampuan Olah TKP Laka Lantas di Jakarta, Jumat (12/4).

Peggunaan alat ini mengandalkan lima kamera yang mampu berputar 360 derajat. Petugas di lapangan hanya perlu memasukkan data yang dibutuhkan.

“Ini simulasi rekonstruksi atau reka kejadian yang diambil dari kumpulan puzzle," jelas Pujiono.

Dengan alat ini, petugas juga dapat memiliki gambaran yang lebih pasti perihal penyebab kecelakaan. Sehingga penanganan olah TKP laka lantas secara manual bisa perlahan mulai ditinggalkan.

"Kita tidak boleh ketinggalan, kalau ada yang lebih canggih lagi, kita ikuti. Sama seperti handphone, setiap tahun pasti beda teknologinya,” tandasnya.

Untuk diketahui, 3D Laser Scanner ini sudah tersebar di 39 Polda. Rencananya, secara bertahap akan ditambah jumlahnya akan terus ditambah.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga