Alami Kesulitan Saat Sidang Daring, Hakim PN Surabaya Berharap Aturan Diubah

Sidan PN Surabaya
Salah Satu Sidang Online di PN Surabaya

AKURATNEWS - Aturan sidang online yang diberlakukan oleh Mahkamah Agung, cukup menyulitkan para Hakim yang menyidangkan kasus pidana di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Surabaya.

Humas PN Surabaya, Hakim Suparno mengungkapkan, kesulitan yang dialami para hakim terutama saat sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa. Tidak jarang juga terjadi gangguan teknis, seperti koneksi terputus.

“Kalau pemeriksaan terdakwa itu, saya sampai harus teriak-teriak karena suaranya gak kedengaran di sana,” terang Suparno, saat ditemui di PN Surabaya, Kamis (14/04/22).

Suparno juga mengatakan, ia dan semua Hakim di PN Surabaya berharap agar aturan yang tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung RI no 4 tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik tersebut segera dicabut.

“Saya dan semua hakim lebih setuju kalau sidangnya off-line. Tapi kan yang berwenang adalah Mahkamah Agung dan Pemerintah,” kata Suparno.

Perlu diketahui, pemberlakuan persidangan secara daring merupakan dampak dari pandemi covid-19 yang terjadi sejak 2020 silam.

Pengadilan Negeri Surabaya sendiri juga sempat beberapa kali memutuskan untuk lockdown karena meningkatnya hakim dan pegawai yang terpapar covid-19.

Penulis:

Baca Juga