Alasan Pentingnya Vaksin untuk Anak dan Orang Dewasa

Akuratnews.com - Orang-orang mengatakan bahwa sehat itu mahal, wajar saja jika banyak yang beranggapan begitu karena tidak jarang biaya berobat saat sakit bisa menguras kantong Anda. Jelas tidak akan ada orang yang ingin sakit, banyak cara untuk bisa terhindar dari penyakit dan selalu sehat, seperti melakukan pola hidup yang sehat dan teratur atau dengan melakukan vaksinasi.

Pada pengertiannya, vaksin adalah suatu bahan yang dipakai untuk menstimulus dan merangsang pembentukan antibodi yang biasanya dimasukkan pada tubuh manusia melalui mulut maupun suntikan.

Vaksin bisa diberikan untuk dewasa dan juga anak-anak, disesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Karena vaksin adalah sebuah langkah awal untuk mencegah berbagai penyakit, itulah alasan pentingnya vaksin untuk anak-anak dan orang dewasa. Banyak manfaat yang akan diperoleh oleh tubuh jika melakukan vaksinasi, seperti:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vaksinasi yang tepat akan membentuk dan juga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Karena vaksin akan merangsang sistem imun di dalam tubuh. Hal ini akan sangat menguntungkan, karena dengan begitu tubuh Anda tidak akan cepat terjangkit penyakit. Bayangkan jika imunitas tubuh yang Anda miliki lemah, maka bukan tidak mungkin dengan mudah tubuh Anda terjangkiti penyakit yang berbahaya.

  1. Mencegah Kemungkinan Terjadinya Penyebaran Penyakit

Alasan Pentingnya Vaksin untuk Anak dan Orang Dewasa bukan hanya bertujuan untuk melindungi tubuh dari penyakit, namun pemberian vaksin juga bisa mencegah kemungkinan menyebar luasnya penyakit tersebut. Contohnya seperti penyakit difteri yang bisa menular melalui percikan air ludah dan bersin, oleh karena itu vaksinasi ini bertujuan menekan kemungkinan menyebarnya penyakit di masyarakat.

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Mungkin Anda sering atau pernah mendengar istilah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati'. Tentu saja hal ini benar, jika vaksinasi dilakukan sejak dini maka manfaat vaksin akan dirasakan di kemudian hari. Karena salah satu tujuan dari vaksinasi adalah agar tubuh mendapatkan kekebalan dari penyakit. Dengan kondisi tubuh yang sehat, tentu saja waktu dan biaya untuk berobat bisa kita gunakan untuk kegiatan lainnya yang bermanfaat.

  1. Melindungi Diri Dari Adanya Risiko Cacat dan Kematian

Masyarakat meyakini alasan pentingnya vaksin untuk anak dan orang dewasa adalah bisa melindungi mereka dari risiko cacat dan juga kematian. Jika ada seorang ibu hamil yang terkena virus rubella, maka janin yang ada di kandungannya berpotensi besar terjangkit penyakit yang sama juga. Dengan adanya vaksin yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil tersebut, vaksin akan berperan untuk melindungi si janin dari risiko cacat dan kematian yang disebabkan virus rubella. Secara tidak langsung, pemberian vaksin ini juga dapat menyelamatkan para generasi penerus.

Ternyata cukup banyak manfaat yang di dapat dari pemberian vaksin. Karena risiko yang dihadapi ini sama, jadi bukan hanya anak-anak saja yang berhak mendapatkan pemberian vaksin, namun orang dewasa juga berhak bahkan harus mendapatkan pemberian vaksin yang tepat guna terhindar dari tertularnya berbagai penyakit.

Itulah beberapa alasan pentingnya vaksin untuk anak dan orang dewasa, ingatlah lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi jangan ragu dan sungkan untuk mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk berkonsultasi atau mendapatkan vaksin.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Medan, Sumatera Utara, dapat mencari vaksin medan menggunakan aplikasi Halodoc, sebuah aplikasi kesehatan yang menjadikan layanan kesehatan semakin mudah karena dapat diakses dimana dan kapan saja. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini akan menuntun Anda menemukan solusi masalah atau kebutuhan dengan lengkap dan terpercaya karena bersumber dari dokter-dokter yang berpengalaman di bidangnya

Penulis: Fajar

Baca Juga