Aliansi Pemuda Jakarta: Interpelasi Hak yang Wajar, Hak Politik Wakil Rakyat

Ilustrasi Formula E
Ilustrasi Formula E

AKURATNEWS - Ramainya hak interpletasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait Formula E bahkan berujung pada lobi-lobi beberapa fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta.

Dan ada 2 (dua) fraksi yang secara tegas mendorong hak interpelasi yaitu fraksi PDI-P dan PSI.

Menurut Amin Malawat, Presidium Aliansi Pemuda Jakarta, interpelasi adalah hal yang biasa karena anggota dewan DPRD DKI mempunyai hak untuk mengawasi jalannya program-program gubernur DKI Jakarta.

''Kalau terkait kisruhnya Formula E yang lagi ramai ini gubernur tidak perlu panik,'' tegas Amin Malawat dalam keterangan tertulis, Jum'at, 3 September 2021.

Amin juga menambahkan, hal-hal ini harus dibiasakan agar berjalannnya sistem pemerintahan baik di eksekutif maupun legislatif.

"Jadi hak interpelasi tidak usah dibuat kisruh yang berujung pada kepentingan bukan kepada rakyat DKI Jakarta, biarkan semua berjalan sesuai dengan koridornya,'' tegasnya lagi.

Harusnya, lanjut Amin, malah Anies berterima kasih kepada DPRD yang telah mengingatkan bahwa memang ada masalah terkait hal tersebut yang akan dilaksanakan di Jakarta.

Justru yang dilakukan DPRD terkait interpelasi agar gubernur DKI Jakarta agar transparan kepada warga tentang diadakannya ajang Formula E,'' pungkas Amin. ***

Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Istimewa

Baca Juga