Kementerian Kominfo dan DPR Selenggarakan Seminar Online

Aman dan Nyaman Bertransaksi di Era Digital

AKARTA, Jakarta, Akuratnews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyelenggarakan seminar online bertema, “Implementasi Literasi Digital Untuk Keamanan Dan Terhindar Dari Kejahatan Internet”.

Menghadirkan Drs. H. Mukhlis Basri, Anggota Komisi I DPR RI, Prof Widodo Muktiyo, Guru Besar UNS, dan Lesty Putri Utami, SH, M.Kn Anggota DPRD Prov. Lampung.

Seminar ini sebentuk dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. Dengan memiliki beberapa tujuan, salah satunya mengedukasi masyarakat luas, terutama orang tua. Untuk memberikan pemahaman kepada anak ihwal dengan perkembangan Teknologi Informasi, dengan berbagai resikonya. Terutama memahami berbagai jenis kejahatan Literasi Digital.

Harapannya, masyarakat serta keluarga yang memiliki anak yang sedang bersekolah mampu diberikan edukasi kepada anak. Agar kurangnya pemahaman anak karena mudahnya dalam mengakses Internet, dapat dipenuhi keilmuannya.

Mukhlis menyampaikan orang tua berperan penting dalam menjaga kemanan data, dan kesehatan mental anak ketika berselancar di Internet. Dia mengingatkan pendampingan orang tua kepada anak sangatlah penting.

"Terlebih di masa pandemik ini dengan prosesi pembelajaran melalui internet. Kita harus berikan pengetahuan, di mana informasi yang benar dan mana informasi yang salah," Jelas Mukhlis.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Widodo Muktiyo mengatakan, memberikan anak modal kecerdasan adalah penting sekali.

"Memberikan anak Informasi yang cepat terutama dengan di era digital ini seperti dengan pengetahuan Digital Quotient," Jelas Widodo.

Dengan kata lain, apabila anak memiliki pengetahuan Literasi Digital yang baik, akan memberikan wawasan kepada anak, sehingga menjadi melek Literasi Digitalnya.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga