Amankan Jumat Agung, Polda Metro Jaya Kerahkan 5.500 Personel

Ilustrasi

Jakarta, Akuratnews.com - Polda Metro Jaya menyatakan bakal mengerahkan ribuan personelnya untuk mengamankan perayaan Tri Hari Suci hingga acara Paskah di berbagai gereja yang ada di Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyrakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengaku pihaknya sudah merencanakan pengamanan bagi umat Kristiani. Dengan pengamanan ini, diharap masyarakat Nasrani bisa menjalani ibadah Tri Hari Suci hingga acara Paskah dengan tertib.

“Jadi gini, untuk kegitan besok kenaikan Isa Almasih dari Polda Metro Jaya sudah merencanakan untuk pengananan di beberapa gereja yang melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, pada Kamis, (18/04/2019).

Argo menyebut, ribuan personel akan dikerahkan untuk mengamankan beberapa gereja yang ada di sekitar DKI Jakarta. “Ada sekitar 5.500 personel yang kita turunkan untuk melakukan pengamanan,” kata Argo.

Nantinya, kata Argo, ribuan aparat kepolisian itu disebar di seluruh gereja di Jakarta. Dia memastikan, polisi akan mengawal jalannya kegiatan Misa di berbagai gereja yang dikabarkan akan dilakukan tidak cuma sekali dalam sehari.

“Jadi nanti kita komunikasi dengan pihak gereja, kira-kira nanti jadwal kebaktianya kapan gitu,” ujar Argo.

Tak hanya di Jakarta, pengamanan juga dilakukan di daerah Lampung. Polda Lampung menyatakan akan mengamankan perayaan Jumat Agung bagi umat Kristiani yang jatuh pada 19 April 2019.

"Personel akan menjaga tempat-tempat ibadah di daerah-daerah yang ada di Provinsi Lampung," kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad.

Pengamanan tersebut akan dipusatkan di beberapa titik lokasi tempat beribadah umat Kristiani. Selain itu, personel juga akan melakukan pengamanan dengan cara patroli rutin.

"Kita melihat dari perkiraan keadaan yang kita dapatkan dari intelijen juga. Yang jelas personel harus siap baik dari pengamanan operasi Mantab Brata Krakatau maupun pelaksanaan pengamanan pada hari-hari besar," kata Zahwani.

Dia menambahkan, tempat ibadah bagi umat Kristiani maupun umat Islam sudah jadi perhatian bagi petugas kepolisian. Tidak hanya tempat ibadah, polisi juga akan melakukan pengamanan di setiap jalur-jalur rawan.

"Khususnya di setiap Polres akan melakukan pelaksanaan patroli rutin dan penjagaan. Personel juga diharapkan agar tidak lengah dalam melakukan pengamanan," kata dia.

Sebelumnya, AKBP Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa suasana pascapemilu di wilayah Provinsi Lampung tetap kondusif. Sampai saat ini, belum ada laporan gangguan keamanan di lokasi rawan.

Menurut dia, Operasi Mantab Brata Krakatau 2019 masih berlangsung dan aparat gabungan masih tetap bertugas di posko-posko pengamanan.

"Mulai 14 April 2019 lalu personel sudah ditugaskan mengamankan ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Lampung," kata Zahwani.

Usai pelaksanaan pemungutan suara, personel gabungan tetap fokus memberikan pengamanan hingga penghitungan suara selesai, dan semua petugas masih berjaga di lokasi wilayahnya masing-masing.

"Personel kita minta proaktif dan terus berkoordinasi dengan petugas lainnya. Selain itu, juga menjalin kemitraan bersama masyarakat untuk mencapai suatu tujuan keamanan yang kita harapkan," ucap Zahwani.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga