Anda Khawatir Soal Autisme Anak Dikaitkan dengan Air Galon? Ini Bantahan Pakar

Ilustrasi Autisme (Pixabay)

AKURATNEWS – Autisme dijadikan narasi untuk mengaitkan kelainan kesehatan tersebut akibat mengkonsumsi dari air galon berpolikarbonat. Namun, di tengah narasi yang diyakini sumber tidak dapat dipercaya, sejumlah pakar dari pakar pendidikan hingga pakar kesehatan membantah narasi negatif tersebut.

Para pakar sepakat, bagaimana autisme ditimbulkan dari penyebab yang belum dapat dipastikan. Para pakar sepakat risiko terjadinya gangguan autisme dapat meningkat apabila terdapat faktor genetik dan lingkungan, misalnya asap rokok, infeksi, efek samping obat-obatan, serta gaya hidup tidak sehat selama hamil.

Menanggapi hal tersebut, pakar pendidikan autisme, Dr Imaculata Umiyati MSi mengatakan, penyebab anak menjadi autis masih multifactor dan membantah berita yang mengaitkan autisme dengan konsumsi air galon polikarbonat. Menurutnya selama AMDK sudah mendapatkan izin, sudah pasti aman

“Kalau tempat atau wadahnya aman dan minuman tidak mengandung gula, pewarna, tentu aman” ungkapnya, dalam sebuah kesempatan.

“Waktu itu kita bicara tentang wadah yang berasal dari plastik, bukan isinya yang ada didalam wadah tersebut. Penyebab autism masih multi factor,” lanjutnya.

Sebelumnya, Dokter spesialis anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH menegaskan bahwa tidak pernah ada anak menjadi autis karena mengkonsumsi air galon guna ulang. Menurutnya, penyebab pastinya anak autis ini masih belum diketahui hingga kini. Yang baru diketahui adalah anak auitis itu ada hubungannya dengan genetik tertentu seperti adanya autism pada kelainan Fragile X syndrome.

“Ada yang mengatakan autis itu hasil kombinasi genetik dan lingkungan. Tapi penyebab pasti sampai saat ini belum jelas. Yang pasti, yang mengatakan autis itu karena ibunya waktu hamil terlalu banyak meminum air galon guna ulang itu jelas salah. Tidak ada hubungannya itu,” tukasnya.

Dia mengatakan banyak teori yang menyampaikan penyebab-penyebab terjadinya anak autis ini, namun penyebab pastinya tetap masih belum diketahui hingga kini. “Ada yang menghubung-hubungkan dengan logam berat. Tapi, sudah sering disebut ada hubungannya dengan genetik,” pungkasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga