Andi Merya Nur Kena OTT KPK, Padahal Baru Tiga Bulan Menjabat Bupati Koltim

Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara Andi Merya Nur
Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara Andi Merya Nur

AKURATNEWS - Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara Andi Merya Nur dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Selasa 21 September 2021.

Informasi yang berkembang, satu-satunya bupati perempuan di Sultra ini diciduk KPK bersama pejabat lainnya di lingkup Pemda Koltim.

Dari informasi yang dihimpun akuratnews.com, kasus itu terkait dana Rehabilitasi dan Rekonstruksi pascabencana dari BNPB. Diketahui baru beberapa hari yang lalu Bupati Koltim mendapatkan bantuan dana itu dari BNPB

Padahal Pemda Koltim dalam waktu dekat (akhir Oktober 2021) bakal kedatangan presiden RI Jokowidodo dalam rangka peresmian Bendungan Ladongi.

Andi Merya Nur saat menyambut kedatangan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, mengaku selaku bupati dan Pemda Koltim telah siap menanti kehadiran orang nomor satu RI tersebut di Bumi Tirawuta.

Namun terjaringnya OTT, bisa dipastikan bupati defenitif yang dilantik pada 14 Juni 2021 takkan hadir pada acara penyambutan nanti.

Andi sendiri sebelumnya juga merupakan wakil bupati untuk periode 2016-2021. Sedangkan untuk 2 periode sebelumnya dia tercatat sebagai anggota DPRD Kolaka dan anggota DPRD Koltim.

Dirinya menggantikan Bupati sebelumnya, yakni Samsul Bahri Majid, yang berpulang karena serangan jantung pada Maret 2021. Padahal saat itu Samsul baru sekitar 21 hari menjabat bupati didampingi Andi Merya sebagai wakil bupati.

Diketahui Andi Merya Nur baru sekitar 3 bulan terakhir ini menjabat resmi sebagai Bupati Koltim.

Dia langsung dilantik oleh Gubernur Sultra Ali Mazi sebagai Bupati Koltim masa jabatan 2021-2026 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-1220 Tahun 2021 tanggal 2 Juni 2021.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan pasti dari pihak yang berwenang, begitu pula pihak Pemda Koltim belum dapat dikonfirmasi ihwal penangkapan Bupati Andi Merya Nur.***

Penulis: Anra

Baca Juga