Pembangunan Nasional di Bidang Kesehatan

Anjurkan Hidup Sehat, BPJS Sidoarjo Datangkan Ade Rai

Bupati Saiful Ilah bersama Ade Rai seusai acara sosialisasi program JKN - KIS yang digelar BPJS Kesehatan di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo. (Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sidoarjo kedatangan tamu istimewa. Atlit bina raga nasional berperawakan tinggi, kekar dan berotot, serta rambut terkuncir. Selama ini, dikenal sebagai pemeran model iklan produk minuman berenergi.

Namun, kedatangan dia kali ini bukan untuk promo produk minuman berenergi, tapi berkaitan dengan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dia adalah Ade Rai, yang ditunjuk menjadi seorang role model hidup sehat dan brand ambassador (duta promo preventif) BPJS Kesehatan.

Kehadirannya di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Rabu (10/7/2019), Ade Rai disambut Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini, Ade berbagi ilmu mengenai tips hidup sehat. "Topik kesehatan dinilai tidak menarik oleh sebagian orang, karena saat ini masih sehat. Tapi, saat sudah sakit, topik ini baru dianggap menarik untuk dibahas, " katanya.

Padahal, sambung Ade, ketika kesehatan telah pergi dari diri kita, maka kesehatan itu akan menjadi sesuatu yang mahal, bahkan susah untuk kembali lagi.

"Sebagai gambaran, ada pasien berjumlah seratus orang. Rupanya 75 persen dari pasien ini, penyebab sakit yang dideritanya itu dirinya sendiri, " ujarnya.

Ternyata, lanjut Ade, diantara pasien tersebut, diketahui sewaktu sehat tidak menjaga pola makan atau gaya hidupnya. Mereka mengkonsumsi lemak dan gula berlebihan, tanpa diimbangi dengan berolahraga secukupnya.

"Karenanya, saya mengajak masyarakat Sidoarjo mulai menjaga pola makan. Selalu perhatikan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita. Sudah seimbang atau belum dengan olahraga? Kalau banyak makan lemak atau gula, otomatis intensitas olahraga harus ditambah. Mulai hari ini, " ucapnya.

Sementara itu, Bupati Saiful Ilah mengemukakan, pembangunan di bidang kesehatan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan nasional, hendaknya dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan Indonesia seluruhnya untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat, serta mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

"Kepada dokter atau rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan program JKN - KIS ini, mudah - mudahan program pemerintah mewujudkan pembangunan nasional di bidang kesehatan dapat terlaksana dengan baik, " harapnya.

Terpisah, Pjs Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Erwin Widiarmanto menjelaskan, pihaknya sangat mendukung semua program yang menganjurkan masyarakat agar selalu hidup sehat.

"Sebenarnya, ini juga tanggung jawab kami menyelenggarakan program promotif preventif, agar masyarakat selalu hidup sehat. Hari ini menjadi spesial, karena Ade Rai sebagai role model hidup sehat dan brand ambassador BPJS Kesehatan dapat hadir langsung di tengah masyarakat Sidoarjo. Semoga semangat Mas Ade ini bisa menular ke seluruh masyarakat," Ungkapnya.**

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga