OPINI

Antara Mencari Penerus dan Presiden setelah Jokowi

Antara Mencari Penerus dan Presiden setelah Jokowi - Opini
Antara Mencari Penerus dan Presiden setelah Jokowi - Opini

AKURATNEWS - Rakernas Relawan Projo pada Minggu 25 April 2022 di Magelang, dianggap oleh sebagian pihak sebagai sebuah sinyal dukungan Jokowi kepada Ganjar Pranowo menjelang Pilpres 2024.

Anggapan Ganjar sebagai capres yang diusung Jokowi menghadirkan reaksi yang beragam, tak terkecuali oleh tokoh PDIP itu sendiri yaitu Trimedya Panjaitan yang menyatakan Kemlitnthi atau congkak terhadap Ganjar.

Hal ini dikarenakan Ganjar yang menurut Trimedya terkesan berlebihan dalam manuver politik. Padahal secara kinerja, menurut Trimedya Ganjar Pranowo tidak sesuai ekspektasi.

Menarik jika melihat kesan sinyal yang diberikan Jokowi kepada Ganjar. Sinyal tersebut direspon baik oleh berbagai relawan Projo bahwa Ganjar merupakan "penerus” dari Jokowi itu sendiri.

Hal ini diperkuat dari survei dalam satu tahun terakhir (Mei 2021-Desember 2021) yang menunjukkan masyarakat menginginkan Jokowi maju kembali menjadi Presiden pada tahun 2024 berada pada kisaran 27, 6 persen – 40 persen.

Karena tingkat Persetujuan terhadap perpanjangan masa jabatan presiden hanya berkisar pada persentase 12 persen – 38,6 persen, membuat pendukung Jokowi mengarahkan dukungannya pada Ganjar.

Meskipun begitu, persentase pemilih Jokowi yang menginginkan Jokowi maju Kembali pada Pemilu 2024 selalu tidak melebihi 50 persen.

Dengan kata lain ada potensi  pemilih yang menginginkan pergantian presiden yang kontras terhadap Joko Widodo. Terdapat tiga tokoh yang konsisten menjadi Capres yang berpotensi dipilih yaitu Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Oleh karena itu, tulisan ini mencoba mengarah pada argumentasi antara masyarakat yang berupaya untuk mencari siapa yang menjadi penerus Jokowi dan siapa presiden setelah Jokowi menjabat.

Argumentasi mengenai masyarakat yang mencari penerus Jokowi berangkat dari persentase 27,6 persen – 40 persen yang mengharapkan Jokowi mencalonkan diri menjadi Presiden pada Pilpres 2024.

Hal ini dipertegas oleh ketua Projo Budi Arie Setiadi, yang menyatakan bahwa mereka menyatakan setuju atau siap mendukung jika ada kesempatan bagi Jokowi untuk maju di setiap periode Pilpres.

Pada mulanya jika mengacu pada siapa yang lebih berpengalaman untuk menjadi penerus Jokowi, mengarah pada nama F.X Hadi Rudyatmo di Solo, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan di DKI Jakarta.

Selanjutnya 1 2 3 4 5

Baca Juga