Antisipasi Dampak Ekonomi Pandemi, Bhinneka.Com dan Pemkot Ternate Bangun Lokapasar ‘Milik Ternate’

AKURATNEWS - Dampak pandemi terhadap perekonomian yang menerpa UMKM juga menjadi perhatian Pemkot Ternate, Maluku. Untuk itulah, Pemkot Ternate menggandeng Bhinneka.Com meluncurkan marketplace atau lokapasar 'Milik Ternate' yang dapat ditilik di http://milikternate.bhinneka.com/

Lokapasar ini direncanakan sebagai solusi pengembangan usaha dan fasilitas pemasaran produk lokal terbaik UMKM Kota Ternate. Di sisi lain, keberadaan lokapasar ini bertujuan untuk mendorong terjadinya transformasi digital, sekaligus memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memaksimalkan benefit ekonomi formal, seperti status legal yang memudahkan akses modal, integrasi data, dan peluang lebih besar untuk pemasaran lebih luas ke perusahaan besar maupun pemerintahan yang membutuhkan volume tinggi.

Menurut data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Ternate, terdapat sekitar 13.000 pelaku UMKM yang bergerak di sektor perikanan, dengan produk jadi berupa makanan dan minuman kemasan dan kerajinan tangan. Untuk memperluas potensi pasar bagi UMKM Kota Ternate kepada masyarakat lokal maupun di seluruh Indonesia yang ingin berbelanja, nantinya bisa langsung melakukan transaksi melalui http://milikternate.bhinneka.com/.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Ternate yang secara aktif mendorong perkembangan UMKM setempat. Lokapasar 'Milik Ternate' di Bhinneka.Com nantinya dapat menjadi solusi dalam mencetak produk yang bersaing, perluasan pemasaran sekaligus permodalan bagi para pelaku UMKM dalam koridor ekonomi formal, sejalan dengan target pemerintah untuk digitalisasi UMKM. Kami targetkan pelaku UMKM Ternate nantinya dapat bergabung di lokapasar ini,” ujar Chief of Commercial & Omnichanel Bhinneka.Com, Vensia Tjhin.

Ia menambahkan, langkah strategis ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk menjadikan UMKM sebagai rantai pasok produksi. Selanjutnya, kerjasama ini akan membuka akses masyarakat dan pemerintah ke produk terbaik UMKM Ternate.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mendorong setiap UMKM untuk dapat membuka pintu bagi transformasi digital. Beliau menekankan transformasi digital sebagai pintu bagi UMKM agar bisa masuk dalam lokapasar dan menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global. Sejalan dengan misi tersebut, Bhinneka.Com ingin membuka pintu seluas-luasnya bagi para UMKM Indonesia, dimulai dengan UMKM Kota Ternate.

“Kerja sama lokapasar ini senada dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kota Ternate. Dimana melalui transformasi digital dan pemanfaatan teknologi, para pelaku UMKM di Ternate bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dan juga memperkuat kualitas dan sumber daya dari berbagai sisi. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi Bhinneka.Com yang telah memfasilitasi teknologi lokapasar ini untuk membantu peningkatan pendapatan UMKM Ternate yang terdampak pandemi,” ujar Walikota Ternate, Dr. H. M. Tauhid Soleman, M.Si.

Ia menambahkan, kerja sama ini senada dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah terutama dalam memperkuat UMKM lokal dan mengembangkan bisnisnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Ternate juga mengajak jajarannya bertindak selaku Public Relations dalam memperkenalkan berbagai produk unggulan UMKM Ternate, serta mendorong dinas terkait; Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag, dan Dekranasda agar segera menindaklanjuti dan merealisasikan kerja sama ini.

Bhinneka.Com saat ini adalah Super Business Ecosystem di Indonesia yang memiliki jutaan klien korporat dan pemerintah. Ini menjadi peluang yang sangat baik untuk UMKM meraup pasar yang lebih bonafid dan masuk ke ekonomi formal.

Ekosistem Bhinneka.Com diyakini dapat membantu permasalahan UMKM dari hulu ke hilir, mulai dari masalah bahan mentah, masalah modal hingga hukum. Terbaru, Bhinneka.Com bekerja sama dengan Kontrak Hukum untuk menghadirkan solusi bagi kebutuhan dokumen legal untuk UMKM dan startup.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga