Antisipasi Gempa 8,8 SR, Apa yang Harus Dilakukan?

Gempa Dahsyat dan Tsunami. (Foto: ilustrasi)

Jakarta, Akuratnews.com - Selatan Jawa berpotensi dilanda Gempa berkekuatan dahsyat hingga 8,8 skala richter. BMKG sendiri sudah merespon adanya potensi gempa dahysat yang diungkap Pakar tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko dengan mengeluarkan 4 hal dalam siaran pers terbarunya.

Salah satu yang direspon BMKG adalah persiapan sebelum potensi gempa itu menjadi kenyataan. Meski BMKG menyatakan bahwa potensi gempa 8,8 SR itu bukan prediksi, namun BMKG tak membantah adanya potensi gempa dahsyat tersebut dan menimbau adanya persiapan penanggulangan gempa yang tak diketahui kapan datangnya ini.

"Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa dengan tepat dan akurat kapan, dimana dan berapa kekuatannya sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi." jelas BMKG dalam siaran pers-nya yang diunggah di akun twitter resmi BMKG, @infoBMKG, 21 Juli 2019.

Menurut BMKG, berdasarkan kajian para ahli bahwa zona megathrusrt Selatan Jawa memiliki potensi dengan magnitudo maksimum M,8,8. Tetapi ini adalah potensi bukan prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu.

BMKG pun mengimbau adanya upaya mitigasi struktural dan non struktural untuk mulai membangun bangunan yang aman gempa, melakukan penataan tata ruang, dan yang paling utama adalah membangun kapasitas masyarakat (SDM) yang terkait langsung dengan bagaimana cara menyelematkan diri jika terjadi gempa bumi dan tsunami.

"Karena itu, semua harus melakukan upaya mitigasi struktural dan non struktural dengan membangun bangunan aman gempa, melakukan penataan tata ruang pantai yang aman tsunami serta membangun kapasitas masyarakat terkait cara selamat saat terjadi gempa bumi dan tsunami." Terangnya.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang beredar. Masyarakat dapat mengetahui info lebih jelas dengan menghubuingi kontak ceter 021-6546316 atau mengunjungi laman resmi BMKG, www.bmkg.go.id." tandas BMKG.

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga