Anton Medan, Sang Preman Pensiun Ini Tutup Usia

Jakarta, Akuratnews.com - Kabar duka datang dari mantan Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Tan Hok Liang atau yang dikenal dengan nama Anton Medan.

Pria yang pernah menjadi preman yang disegani di Indonesia ini meninggal dunia, Senin (15/3) siang.

Ketua Umum DPP PITI, Ipong Hembing Putra mengatakan, Anton Medan tutup usia karena penyakit yang dideritanya.

"Sakit stroke dan diabetes. Kejadian tadi menjelang siang," kata Ipong.

Kata Ipong, rencananya jenazah Anton Medan akan dimakamkan di kompleks pondok pesantren At Taibin di kawasan Pondok Rajeg, Depok.

Soal meninggalnya Anton pun dibenarkan mantan Gubernur DKI Jakarta,cBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Ia pun turut menyampaikan dukacita.

"Semoga arwahnya diterima di sisi Allah. Turut berdukacita sedalamnya," kata Ahok, Senin (15/3) sore.

Ahok sendiri sudah mengetahui Anton Medan sakit. Minggu lalu ia bahkan sempat menjenguk Anton Medan di kediamannya. Cukup lama dia berada di sana.

"Saya, Minggu (7/3) sempat kunjungi beliau ke pondoknya di Cibinong dan ada hampir sejam di sana," ujar Ahok.

Namun saat ditanya soal pertemuan itu, dan seperti apa kondisi Anton Medan saat dijenguk, Ahok secara halus menolak menjawab. Menurutnya terkait itu lebih baik pihak keluarga yang memberi penjelasan.

Anton Medan sendiri terbilang dekat dengan Ahok. Anton memang kerap membela saat Ahok terjerat kasus penodaan agama kala Ahok menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Anton Medan selama ini dikenal sebagai mantan preman yang pernah bergelut dengan dunia kejahatan sejak usianya masih 12 tahun. Ia sudah bolak-balik keluar masuk penjara karena kasus perampokan, judi dan aksi premanisme lainnya.

Seyelah pensiun menjadi preman, Anton masuk Islam sejak 1992 dan memiliki nama Islam, Ramdhan Effendi.

Pria yang lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 10 Oktober 1957 ini pun mendirikan rumah ibadah yang diberi nama Masjid Jami' Tan Hok Liang. Masjid itu terletak di areal Pondok Pesantren At-Ta'ibin, Pondok Rajeg, Cibinong.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga