Apa Itu Sekolah Rujukan dan Seperti Apa Kriteria Khususnya

Ilustrasi Sekolah Rujukan
Ilustrasi Sekolah Rujukan

AKURATNEWS - Sekolah rujukan merupakan lembaga pendidikan yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dimana harus bisa memenuhi 8 kriteria khusus. Sekolah yang menjadi rujukan tersebut nantinya bisa menjadi acuan bagi sekolah lain melalui keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Sekolah yang telah menjadi rujukan dianggap telah memiliki kualitas pendidikan yang baik.

Sekolah yang telah menjadi rujukan sudah memenuhi 8 poin kriteria dasar yang mencakup berbagai aspek dalam pendidikan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak kedelapan kriteria tersebut berikut ini.

8 Kriteria Dasar Sekolah Rujukan

Apa saja kriteria yang harus dipenuhi sebuah sekolah hingga layak disebut sebagai rujukan bagi sekolah lainnya? Kriteria yang dimaksud yaitu sebagai berikut ini.

  1. Menggunakan Kurikulum 2013

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh sekolah yang akan menjadi rujukan adalah menggunakan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar di kelas. Syarat pertama ini wajib hukumnya dilaksanakan oleh sekolah yang ingin bisa menjadi rujukan bagi sekolah lain. Sangat diharapkan sekolah tersebut sudah melaksanakan kurikulum 2013 abad 21 dimana didalamnya terdapat literasi, 4C dan STEM.

  1. Sudah Meraih Akreditasi A

Poin yang kedua yaitu sekolah tersebut harus sudah mengantongi akreditasi A baik negeri maupun swasta. Bisa dikatakan untuk sekarang ini sekolah yang sudah meraih akreditasi A adalah sekolah yang mampu mengumpulkan nilai di atas 90 berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

  1. Pernah Menjadi Sekolah Model

Sebelum menjadi sebuah sekolah rujukan maka sekolah tersebut harus lebih dulu menjadi sekolah model. Agar bisa menjadi sekolah yang layak dijadikan rujukan memang jalannya tidak mudah harus melalui proses dan tahapan lebih dulu. Salah satu tahapan yang dimaksud yaitu menjadi sekolah model yaitu sekolah yang ditunjuk dan dibina oleh LPMP.  Pembinaan oleh Lembaga Penjamin Mutu dan Pendidikan (LPMP) tersebut dilakukan agar sekolah model bisa menjadi acuan bagi sekolah di sekitarnya dalam penerapan mutu pendidikan secara mandiri.

  1. Memiliki Inovasi dan Praktek Pendidikan yang Bagus

Sekolah yang akan menjadi rujukan wajib memiliki berbagai program pendidikan yang inovatif. Inovasi tersebut mencakup metode, media serta modul pembelajaran yang telah terintegrasi antara digital dan teknologi.

  1. Memiliki Prestasi Bidang Akademik dan Non Akademik

Sekolah yang menjadi rujukan harus memiliki prestasi yang bagus baik dari bidang akademik maupun non akademik bagi siswa pada sekolah tersebut. Syarat ini berhubungan erat dengan tujuan agar minimal 50% dari siswa yang lulus dari sekolah tersebut kuliah di perguruan tinggi.

  1. Akses Mudah untuk Dijangkau

Sekolah harus memiliki akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat serta mempunyai ekosistem yang bagus dan nyaman. Ekosistem yang dimaksud yaitu warga di dalam sekolah seperti siswa, guru dan karyawan serta wali murid yang merupakan pihak dari lingkungan luar sekolah.

  1. Pertimbangan Nilai UN dan IIUN

Pemberian status sekolah rujukan juga mempertimbangkan nilai Ujian Nasional (UN) dan juga Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). Jadi bisa dikatakan bahwa sekolah yang telah mendapatkan status rujukan harus bisa memperkirakan nilai dari para siswanya sehingga bisa melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

  1. Bersedia Melakukan Pengimbasan pada Sekolah Lain

Sebagai sekolah yang telah menjadi rujukan wajib bersedia untuk melakukan pengimbasan kepada sekolah lainnya. Pengimbasan yang dimaksud meliputi pelatihan, sosialisasi dan lain sebagainya pada praktik dan inovasi pendidikan.

Itulah beberapa poin yang menjadi kriteria sekolah rujukan yang bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Salah satu contohnya adalah sekolah unggulan di Jawa Barat yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School).

Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga