Aplikasi Berbasis AI Ini Bantu Generasi Milenial Atur Keuangan

AKURATNEWS - Memudahkan anak muda Indonesia melacak pengeluarannya saat berbelanja online, aplikasi pengatur keuangan generasi millenial dan Z, Sribuu meluncurkan fitur baru yang merupakan integrasi antara akun Shopee dan Tokopedia.

Seperti diketahui, generasi milenial dan Z yang saat ini tengah mendominasi usia produktif cenderung memiliki pola konsumsi yang lebih boros dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Nyatanya, rata-rata millenial menabung kurang dari 10 persen pendapatannya (Alvara Strategic, 2020). Hal ini disebabkan oleh kesulitan yang dirasakan anak muda untuk mengerti kondisi keuangan mereka dan langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan keuangan mereka.

Melihat permasalahan tersebut, Nadia Amalia (CEO and Co-Founder), Fransisca Susan (CTO dan Co-Founder), dan Fadhila (COO and Co-Founder) berinisiatif membangun Sribuu, startup yang berfokus pada aplikasi keuangan pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI).

Sribuu diprakarsai ketika Nadia dan Susan mengikuti fintech pitching competition di Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat. Kemudian mereka membangun Sribuu dengan dengan misi meningkatkan literasi keuangan di Indonesia melalui teknologi.

Sribuu juga memiliki misi untuk membantu masyarakat untuk meraih kesejahteraan finansial mereka dengan satu langkah pintar, yakni memahami kondisi kondisi keuangan mereka. Sribuu pun diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengelola keuangan mereka lebih efektif dari satu genggaman dan dengan analisa data yang terpersonalisasi.

Terkenal dengan fitur Automatic Financial Planningnya, saat ini Sribuu tidak hanya menyediakan mengintegrasikan seluruh produk finansial yang dimiliki nasabah berupa bank dan e-wallet untuk memberikan gambaran menyeluruh atas kondisi keuangannya. Kini, pengguna Sribuu dapat melacak pengeluaran otomatis dari Tokopedia dan Shopee.

Selain menghemat waktu, pengguna Sribuu juga mendapatkan banyak manfaat selama menggunakan fitur baru ini. Seperti diungkapkan salah satu pengguna Sribuu, Narendra Wicaksana, ia merasa bahwa fitur ini sangat membantu ia mengendalikan keuangannya,

“Fitur tracking transaksi otomatis ke Shopee dan Tokopedia bantu aku banget sih untuk catat belanjaan ketika 12.12 kemarin. Kerasa banget aku jadi lebih terkendali pengeluarannya dan bisa lebih banyak nabung!” ujar mahasiswa 21 tahun ini.

Fitur Financial Habit Analytics yang menganalisa kebiasaan pengeluaran nasabah dan memberikan rekomendasi mengatur keuangan yang terpersonalisasi, juga salah satu fitur yang menjadi ‘penyelamat’ anak muda Indonesia dari kebiasaan boncos.

“Sebagai seorang remaja yang sedang menikmati masa mudanya, sudah menjadi kebiasaan bagi saya untuk membelanjakan penghasilan saya untuk hal-hal sepele yang membawa kebahagiaan sementara, aplikasi ini membuat saya menyadari betapa baiknya untuk benar-benar memikirkan keuangan saya,” ujar Naomi Siahaan, salah satu pengguna Sribuu lainnya.

Selama lebih dari satu tahun berdiri, Sribuu telah membantu lebih dari 85.000 pengguna untuk mengatur keuangannya dan dapat menabung 20 persen lebih banyak dari sebelumnya. Atas dasar itulah, Sribuu akan terus berinovasi untuk membantu anak muda Indonesia dalam mencapai kebebasan finansial.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga