Apotek Jual Obat Daftar G di Bogor, LSM AMAN: Sikat, Beri Sanksi Tegas

Foto: Istimewa

Bogor, Akuratnews.com - Ketua LSM AMAN (Asosiasi Masyarakat Anti Narkoba), Atiek Yulis Setyowati yang juga ketua Markas Pejuang Bogor (MPB) merasa risih dengan maraknya berita dipelbagai daerah di Bogor yang menjual bebas obat daftar G (Psikotropika) yang dikomsumsi oleh anak-anak sekolah atau pelajar.

Menurutnya, maraknya apotek jadi-jadian yang dijadikan tempat pembelian obat G dikalangan anak sekolah harus menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah.

"Harus jadi perhatian serius oleh Dinkes, BNNK, Sat Narkoba Polres dan semua pihak termasuk para orangtua", kata Atiek, Rabu (9/10/2019).

Ia mengungkapkan, harus ada tindakan tegas agar tidak ada kesan pembiaran. Pasalnya, kasus ini sudah lama ada.

"Para apotek liar atau warung berkedok ini harus diberi sanksi tegas dan berat sampai pencabutan ijinnya agar sadar tindakan mereka telah membahayakan para generasi anak bangsa dan bisa membunuh karena penyalahgunaan obat tersebut," tegasnya.

Peran orang tua dan para guru, kata Atiek, juga penting agar memberikan pendidikan kepada anak-anaknya dan anak didiknya dengan baik tentang bahaya penyalahgunaan obat terlarang.

"Sikat toko obat dan apotek jadi-jadian perusak generasi bangsa, para ownernya, terutama terletak di daerah rawan anak-anak nongkrong atau mabuk-mabukan diberikan edaran, peringatan keras agar selektif melayani para pembelinya dan hukum sesuai undang-undang," pungkasnya.

LSM AMAN dan MPB juga bertekad mengawal hingga menunggu respon tindaklanjut jajaran kepolisian, Pemda dan pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Penulis: Yandi Permana
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga