Arteria Dahlan : 57 Lembaga Pemerintah Tidak Melaksanakan Pengisian Jabatan Secara Tidak Transparan

Arteria Dahlan

Jakarta, Akuratnews.com - Aparatur sipil negara merupakan bagian penting dalam pemerintah dan pemerintah daerah. Mereka menjadi eksekutor sekaligus penggerak roda pemerintahan. Karena itu, kualitas dan integritas ASN akan sangat mempengaruhi kualitas dan integritas pemerintah/pemerintah daerah.

Anggota Komisi 2 fraksi PDI P, Arteria Dahlan menuturkan, saat ini banyak pelaku pelaku jual beli jabatan yang dimana pelakunya mulai dari Kepala daerah,kerabat Kepala Daerah SKPD dan pihak pihak terkait dan berdasarkan PP no 18.

"Jadi menggeser orang menggantikan orang dengan cara membayar modusnya jelas dengan cara apa melaksanakan pengisian jabatan yang tidak transparan," ujarnya di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/01/17).

Ia juga  mengingatkan kepada pemerintah serta  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Bahwa data terkini ada  57 kementerian dan  lembaga  pemerintah daerah tidak melaksanakan pengisian jabatan secara  tidak transparan

"Disitulah ruang bagi mereka dalam melaksanakan rente djabatan yang melaksanakan transaksi politik,"ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan banyaknya praktek jual beli jabatan yang tidak sehat akan menghasilkan aparatur yang tidak punya potensi dan tidak memahami bagaimana melayani rakyat.

"ini semua endingnya kita hadirkan yang namanya pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur yang tidak punya potensi. aparatur yang tidak mau memahami bagaimana melayani masyarakat denagan sebaik baiknya," tutupnya.

Kedua, lanjut Dia, akan menghadapi Aparatur yang berjiwa memeras karena mereka sudah menyetor sejumlah uang kebawahnya mereka akan menarik sejumlah uang.

"Pelayanan publik yang tidak memperhatikan rakyat dan pelayanan publik yang mahal karna ini  semua mata rantai yang harusnya pemerintah lebih tanggap tidak perlu kita berurusan dengan cyber pungli kuatkanlah yang namanya Komisi Aparatur Sipil Negara," tutupnya.

Penulis:

Baca Juga