Pemilu 2019

ASN Langgar Netralitas Siap-Siap Sanksi Tegas Menanti

Jakarta, Akuratnews.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan menindak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar netralitas di Pemilu 2019.

Menpan RB Syafruddin mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan ketidaknetralan itu.

Laporan itu pun bakal dikaji bersama kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terkait. Pengkajian itu akan dilakukan untuk mengetahui indikasi besaran pelanggaran netralitas ASN terlapor.

“Jadi tidak bisa sembarangan men-jugde (menilai) tanpa dilihat latar belakangnya. Dilihat dasar-dasar hukumnya dan itu harus diselesaikan secara komprehensif,” kata Syafruddin di komplek Kemenpan RB, Jakarta, Kamis (18/04/2019).

Sebelumnya, Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) mencatat 67 kasus pelanggaran netralitas oleh ASN periode 1 Maret – 14 April 2019. Dari 67 kasus tersebut, pelanggaran netralitas oleh ASN paling banyak ditemukan lewat media sosial.

“51 di antaranya ditemui di media sosial,” kata Anggota PATTIRO Nurjanah, Jakarta, Selasa (16/4).

Nurjanah mengatakan bentuk pelanggaran itu beberapa di antaranya adalah ASN menggunggah foto atau gambar peserta kontestasi politik ke media sosial, menanggapi isu politik melalui komentar, dan memberikan tanda suka (like) kepada unggahan peserta kontestasi politik lewat media sosial.

“Pelanggaran ini paling banyak ditemukan di media sosial Facebook,” kata Nurjanah.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga