ASN Pemkab Sidoarjo Belum Terima Gaji, Apa Penyebabnya?

Sidoarjo, Akuratnews.com - Belasan ribu aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sidoarjo belum menerima gaji Januari 2021 hingga saat ini.

Biasanya, mereka sudah menerima gaji pada awal bulan. Namun, bulan ini mengalami keterlambatan. Tak pelak, sebagian dari keluarga mereka pun mempertanyakan penyebabnya.

Ketika Akuratnews.com mengkonfirmasikan masalah keterlambatan gaji ASN tersebut pada Sekda Sidoarjo, Achmad Zaini via pesan singkat (What'sApp), Minggu (10/1/2021). Nampaknya, dia enggan memberikan penjelasan, walaupun pesan terkirim bertanda centang dua warna biru yang berarti terbaca.

Setelah dilakukan penelusuran dari berbagai narasumber, akhirnya Akuratnews.com menemukan jawaban mengenai penyebab gaji ASN pada Januari 2021 ini telat.

Intinya, penyebab keterlambatan penerimaan gaji ASN itu, karena adanya perubahan teknis penggajian dan migrasi data dari Sistem Informasi Badan Kepegawaian Daerah ke Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD) yang dikelola langsung oleh Pemerintah Pusat.

"Gaji ASN telat, karena perubahan teknis penggajian dan migrasi data. Tentunya tak lama, paling lambat 15 Januari 2021, gaji sudah mereka terima," terangnya.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga