Asosiasi Media Digital Bina Ragam Media Digital Agar Berstandar Perusahaan Pers

Ilustrasi Media Online

Jakarta, Akuratnews.com - Asosiasi Media Digital berkolaborasi dengan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia untuk mensosialisasikan penerbit pers untuk taat administrasi dan mau bekerja profesional sesuai kode etik jurnalistik. Asosiasi Media Digital menjadi tempat berlindung media kecil yang tengah dirintis tetapi mau bekerja profesional.

Dalam release-nya, Asosiasi Media Digital Indonesia merupakan kumpulan media arus utama dan media komunitas, agar saling melengkapi. Menjadi jembatan jika anggotanya belum mampu melengkapi verifikasi media massa, khususnya menggaji jurnalisnya sesuai standar upah minimum provinsi sebanyak 13 kali setahun.

Untuk standar kelengkapan perusahaan pers, dalam hal kode etik jurnalistik, Asosiasi Media Digital melakukan pembinaan dan pelatihan kepada beberapa perusahaan media digital agar sumber daya manusia (SDM) memiliki standar kompetensi wartawan dan selalu taat pada kode etik jurnalistik.

Dengan memberi ilmu, memberi dasar serta melatih maka Asosiasi Media Digital bisa menangkal media abal-abal dengan segala pemberitaan palsunya. Sedang menyusun dan siap menggandeng Dewan Pers serta Kominfo dengan gerakan literasi media secara sinergis.

Intinya, Asosiasi Media Digital mendukung kebijakan Dewan Pers untuk pemberian verivikasi dan mendata perusahaan pers yang layak, asal jangan menjadikan itu sebagai "ijin" terselubung dari otoritas di bidang pers. Karena sesuai pasal UU Pers, kewajiban aktif Dewan Pers untuk melakukan pendataan.

Asosiasi  Media Digital menjadi "payung" usaha media digital di era modern dengan etik serta perkembangan jaman berlandaskan NKRI. Menjadikan penggiat media komunikasi dan jurnalis mampu menyuguhkan berita jurnalistik berkualitas dengan kode etik jurnalistik juga mampu bertahan hidup secara bisnis yang sehat.

Sumber: Eksekutif

Penulis:

Baca Juga