Astronot Uni Emirat Arab Tegaskan Bumi Itu Bulat

Kazakhstan, Akuratnews.com - Seorang pria asal Uni Emirat Arab (UEA), Hazza Al Mansouri baru saja kembali ke bumi usai delapan hari berada di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS).

Hazza tercatat sebagai orang pertama dari UEA yang menjelajah antariksa. Berbagai pengalaman pun ia kisahkan, termasuk bahwa bumi itu bulat.

Hazza terbang ke ISS menggunakan roket Soyuz MS-15 pada 25 September silam. Sang astronot kembali pada 3 Oktober lalu di Kazakhstan.

"Alhamdullilah" adalah kata pertama yang ia ucap saat kembali ke planet ini. Ayah anak empat ini mengaku senang mempelajari banyak hal di antariksa dan selalu dibantu rekan sesama astronot. Ia kembali bersama astronot asal Amerika Serikat, Nick Hague dan kosmonot Rusia, Alexey Ovchinin.

Saat ditanya dalam konferensi pers soal bentuk bumi, Hazza yang melihat dengan mata kepala sendiri meyakinkan bahwa bumi tak datar seperti yang dipercaya sebagian orang.

"Ia (bumi) bulat, saya telah melihat sendiri dengan mata saya sehingga saya dapat mengatakannya pada Anda," jawabnya dalam konferensi pers baru- baru ini.

Selama di angkasa, Hazza membagikan beberapa foto yang menunjukkan bentuk bumi. Tak lupa ia juga mengabadikan lokasi UEA dari antariksa.

Hazza berharap suatu saat nanti, akan ada rekan senegaranya yang juga pergi ke angkasa.

"Misi saya sekarang adalah transfer teknologi dan pengalaman pada astronot selanjutnya dan saya harap mereka lebih baik dari saya," paparnya.

UEA sendiri mengaku bangga atas prestasi anak bangsanya.

"Welcome back dari perjalananmu sebagai astronot Arab pertama di ISS. Kami bangga terhadap prestasimu dan pengetahuan yang kami dapat dari perjalananmu," kata Perdana Menteri (PM) UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga