‘Ati Raja’ Jadi Kado Spesial 412 Tahun Makassar

Jakarta, Akuratnews.com – Mengenang jasa seseorang bisa melalui penghargaan pada karyanya yang fenomenal di jamannya. Inilah yang dilakukan 786 Production lewat penggarapan film 'Ati Raja'.

Rumah produksi ini pun sudah memilih 7 November 2019 mendatang, yang juga bertepatan dengan perayaan HUT kota Makassar ke 412 sebagai tanggal penayangan perdana film ini di bioskop tanah air.

'Ati Raja' sendiri yang berarti kebesaran jiwa adalah judul salah lagu ciptaan Ho Eng Dji (HED), penyair dan musisi Makassar yang tutup usia pada 1960. Dengan berlatar budaya Tionghoa, Ho Eng Dji menjadi sosok yang meleburkan sekat-sekat etnik dalam masyarakat di Makassar.

“HED adalah sosok seniman dan budayawan utama pada masanya. Bahkan setelah kemerdekaan, hingga kini karya-karyanya tetap abadi,” ujar Ancu Amar, produser film 'Ati Raja' di Jakarta, Rabu (30/10).

Ancu Amar yang juga ikut menulis skenario film ini mencoba mengenang kembali kisah perjalanan hidup HED, termasuk karya syair-syair lagu yang bicara tentang kearifan lokal, toleransi dan cinta.

“Sayangnya, kesuksesannya di musik dan budaya tak semulus jalan hidupnya. Hampir semua karya HED diberangus oleh pencabutan hak cipta, lalu menjadikannya sebagai karya NN (No Name) sampai kini,” ungkap Ancu.

Sutradara film ini, Shaifuddin Bahrum mencoba kembali menampilkan kembali HED sebagai sosok anak muda yang kreatif produktif berkarya, demi menginspirasi generasi milenial masa kini.

Selain 'Ati Raja', sebenarnya masih banyak karya cipta HED yang lain. Sebut saja lagu berjudul' Sailong', 'Dendang-dendang', "Amma Ciang' dan masih banyak lagi. Namun 'Ati Raja' dianggap telah mewakili sosok HED yang begitu melekat di benak masyarakat Makassar hingga saat ini.

Film ini didukung sederet aktor dan aktris seperti Fajar Baharuddin, Jennifer Tungka, Stephani Vicky Andries, Chesya Tjoputra, Goenawan Monoharta, Yatti Lisal dan masih banyak lagi.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga