Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Bersama Layanan Syariah LinkAja

Atta Halilintar dan Layanan Syariah LinkAja Hadirkan Instagram Live Talk

AKURATNEWS - Dalam rangka mendukung kebijakan terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia, sejak April tahun lalu, LinkAja resmi menjadi mitra pembayaran Kartu Prakerja, yang diluncurkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Hal ini merupakan program pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua orang yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Sebagai mitra resmi pembayaran Kartu Prakerja, LinkAja kini hadir dengan pilihan Layanan Syariah LinkAja, dimana transaksi yang dijalankan sudah sesuai prinsip syariah. Penyaluran insentif dari Prakerja bisa peserta Prakerja manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang ada.

Dalam keterangannya kepada media, Head of Sharia GroupLinkAja Donny Fernando menjelaskan, “LinkAja ingin memberikan edukasikepada masyarakat bahwa penyaluran insentif prakerja dapat dilakukan melalui Layanan Syariah LinkAja, uang elektronik berbasis syariah pertama di Indonesia. Agar lebih mudah, aman, dan tentunya sesuai kaidah syariah sehingga #BerkahUntukSemua”

Bekerjasama dengan PMO - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP), Atta Halilintar,dan Layanan Syariah LinkAja menghadirkan Instagram Live Talk bersama Atta Halilintar untuk membahas tentang bagaimana peserta Prakerja dapat “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Bersama Layanan Syariah LinkAja.

Donny Fernando menjelaskan, alasan dibalik terpilihnya Atta Halilintar sebagai influencerdalam acara tersebut.

“Atta Halilintar merupakan sosok muda yang berpengaruh di Indonesia denganlatar belakang keluarga yang memiliki nilai-nilaireligi kuat, serta menjadi role model bagi anak muda, sehingga kami harapkan lebih banyak anak muda dapat mengenal Layanan Syariah LinkAja di program Prakerja.” ujar Donny Fernando di Jakarta, Selasa (7/9).

Dalam sesi tersebut, Atta Halilintar juga menyatakan ketertarikannya terhadap program Layanan Syariah LinkAja ini.

“Menurut saya, dengan adanya Layanan Syariah LinkAja ini, sangat memudahkan terutama bagi para pengusaha muda yang melek akan teknologi. Ditambah lagi, ada nilai-nilai Syariah didalamnya. Sangat sesuai dengan ajaran orang tua saya yang jika ingin melakukan sesuatu, termasuk dalam bisnis harus sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam, salah satunya transaksi secara Syariah. Maka dengan hadirnya Layanan Syariah LinkAja, ini pasti sangat membantu, dimana semua kebutuhan transaksi bisa dilayani dalam satu aplikasi," jelas Atta.

Sebagai Youtuber sukses yang memiliki penghasilan miliaran rupiah dari platform media sosial tersebut, Atta Halilintar tidak hanya mengandalkan pemasukannya sebagai YouTuber. Pria kelahiran 20 November 1994 juga dikenal memiliki sejumlah bisnis, diantaranya adalah clothing line dengan nama Atta Halilintar Habit atau AHHA, madu dengan merek Rahasia Orang Hebat (ROH), dan jugamerek makanan Ashiaaap yang menyediakan berbagai macam jajanan tradisional maupun modern dengan konsep praktis, kekinian dan harga terjangkau.

Sukses menjalankan bisnis hingga memiliki omset miliaran, Atta Halilintar berbagi kiat bisnis kepada para pengikutnya, “Dalam berbisnis, kita harus memiliki mental yang kuat. Hal ini penting untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship seperti tema kita hari ini. Saya sudah melakukan usaha sejak kecil dengan berjualan mainan dan sandwich. Jatuh bangun,kegagalan, dibohongi orang sampai kerugian semua sudah saya alami. Tapi itu tidak membuat saya jatuh. Saya justru menjadikan itu moment untuk bangkit. Dan alhamdulillah dengan doa dan usaha saya bisa menjadi Atta yang sekarang ini.”

Menurut Atta, kesuksesan usahanya juga tak semata-mata karena kerja keras. Ada banyak unsur penting yang menjadikan bisnis Atta Halilintar, “Prinsip saya work hard, pray harder. Keduanya harus sejalan. Dan usahakan kita selalu jujur dan amanah dalam setiap bisnis yang kita jalani sesuai dengan ajaran Rasulullah. Untuk itu saya mencoba berpegang pada prinsip Syariah yang sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. Dan Alhamdulillah, ada Layanan Syariah LinkAja yang bisa memfasilitasi semua.” tambah Atta.

Layanan Syariah LinkAja sendiri adalah fitur layanan uang elektronik yang dikelola sesuai kaidah-kaidah syariah sebagaimana difatwakan dalam Fatwa DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia) No. 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah dan peraturan Bank Indonesia, dan merupakan bagian layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh PT Fintek Karya Nusantara (“Finarya”) yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. Layanan ini dirancang dengan menggunakan skema Syariah melalui akad Qard antara Finarya dan Pelanggan.

Sebagai mitra pembayaran resmi insentif Kartu Prakerja, LinkAja memiliki sejumlah keuntungan bagi mereka yang memilih LinkAja untuk menerima dana insentif Kartu Prakerja miliknya. Diantaranya, pendaftaran yang mudah, top up saldo akun LinkAja via Bank Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri) secara gratis, pembayaran dan pembelian berbagai penunjang persiapan kerja seperti gadget atau keperluan lainnya di berbagai platform e-commerce, pulsa/data dan yang lainnya, memudahkan berbagai transaksi untuk transportasi seperti di aplikasi Grab atau Gojek, Transjakarta, KRL, MRT, taksi Bluebird, serta juga dapat mempermudah dalam berdonasi zakat, infaq, sedekah, dan masih banyak lagi.

Hal ini dijelaskan oleh Atta Halilintar dalam acara Instagram Live, “Dengan LayananSyariah LinkAja, Pemilik Kartu Prakerja yang menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai syariah Islam mungkin akan sangat mempertimbangkan hal ini, bahwa LinkAja telah menyediakan Layanan Syariah yaitu layanan keuangan elektronik berbasis syariah yang telah bersertifikasi dari DSN-MUI serta Bank Indonesia. Insya Allah ini bisa membawa berkah bagi kita dan usaha yang kita jalankan,” pungkas Atta Halilintar.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga