Awards PTPN IV, Gerakan Cinta Kebun dan Pabrik

Medan, Akuratnews.com - Dalam upaya implementasi Operational Excellence di PTPN IV, Direktur dan Senior Executive Vice President (SEVP) PTPN IV melakukan gerakan konkrit, diantaranya menggagas ide dengan tema “Gerakan Cinta Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS)", sebagai wujud kecintaan insan PTPN IV kepada kebun dan pabrik.

Demikian disampaikan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno pada acara penyerahan penghargaan kepada kebun dan Pabrik Kelapa Sawit se PTPN IV, yang mendapat predikat terbaik dan paling responsif, di Medan pada Rabu (17/6/2020) pagi.

Sucipto Prayitno juga mengatakan, Gerakan Cinta Kebun dan Pabrik yang dimulai minggu lalu telah mendapat respon yang positif dan cepat dari seluruh kebun dan pabrik yang ada di PTPN IV.

Respon atas gerakan sederhana ini, menjadi salah satu ukuran seorang leader di kebun dan pabrik. Apakah memiliki komitmen yang sungguh-sungguh dalam mengelola kebun dan pabrik, serta kemampuan untuk menggerakkan SDM dilingkungannya, sebut Sucipto Prayitno.

Sebagai tindak lanjut respon Gerakan Cinta Kebun dan Pabrik ini, manajemen PTPN IV memberikan penghargaan kepada kebun dan pabrik yang terbaik dan paling responsif.

Kebun yang paling responsif diantaranya Kebun Dolok Ilir di Kabupaten Simalungun, Kebun Pulu Raja di Kabupaten Asahan dan Kebun Ajamu di Kabupaten Labuhan Batu.

Sementara PKS Terbaik I PKS Adolina di Kabupaten Serdang Bedagai, Terbaik II PKS Pabatu di Kabupaten Serdang Bedagai dan Terbaik III PKS Gunung Bayu di Kabupaten Simalungun.

Penghargaan yang diberikan berupa piagam dan uang tunai, dan diserahkan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno didampingi SEVP Operation I Rizal H. Damanik, SEVP Operation II Joni Raja Siregar dan SEVP Business Support Ryanto Wisnuardhy, secara virtual yang diselenggarakan di ruang Tenera Kantor Direksi PTPN IV Jl. Letjen Suprapto No. 2 Medan, Selasa (16/6/2020) pagi.

Acara ini juga dihadiri Kepala Bagian Tanaman Khayamuddin Panjaitan, Kepala Bagian Teknik dan Pengolahan Fitra Rinaldy, sementara General Manajer Distrik dan Manajer Kebun/ Pabrik hadir di tempat masing-masing.

Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengatakan, penilaian kebersihan Pabrik Kelapa Sawit mulai dari lokasi bawah loading ramp, rail track, body rebusan, lantai bawah rebusan, bordes rebusan, blow down, threshing, fruit elevator, bordes atas degister, lantai press, depericarper, fiber cyclone, body CST, body oil tank, body sludge tank, sludge separator, lantai klarifikasi, ripple mill, LTDS, hydrocyclone, bunker inti, internal treatment, kamar mesin dan fat pit.

"Sementara untuk kebun paling responsif penilaian dimulai dari jenis pekerjaan tunas pokok, susun pelepah, tempat pengumpulan hasil dan babat gawangan" kata Riza Fahlevi Naim.

Baca Juga