Awas! Sanksi Pukul Pantat Ala Polisi India Segera Berlaku

Banjarmasin, Akuratnews.com - Sanksi pukul pantat menggunakan tongkat rotan ala polisi India kepada warga yang melanggar larangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan diberlakukan pula di Indonesia.

Wacana ini akan dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Banjarmasin guna memberi efek jera serta menyadarkan warga guna pencegahan penyebaran virus Corona.

Sebelumnya larangan keluar rumah dan selalu menggunakan masker diberlakukan selama PSBB di Kota Banjarmasin yang dimulai Jumat 24 April 2020 hingga 8 Mei 2020 mendatang.

Plt Kasatpol PP Banjarmasin,  Ichwan Nor Khaliq mengatakan, bagi masyarakat yang melanggar larangan tersebut siap-siap merasakan pukulan rotan seperti yang terjadi di India.

Petugas Pamong Praja baik yang ada di Pos Pantau Covid-19 maupun patroli keliling kota dibekali dengan bilah rotan untuk menindak warga yang kedapatan berada di jalan tanpa kepentingan jelas dan mendesak.

“Tindakan memukul pantat dengan bilah rotan itu untuk memberikan efek jera kepada masyarakat agar mengikuti aturan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona,” kata Ichwan, Jumat (24/4).

Ia menyadari, tindakan tegas ini tentunya akan menjadi polemik di masyarakat. Namun, dirinya berkeyakinan hal ini akan sangat efektif untuk pelaksanaan PSBB dan percepatan penanganan  wabah Covid-19.

"Tindakan tegas ini bukan untuk menyiksa, tapi pukulan kasih sayang. Kita mengingatkan hati-hati di jalan, saya rasa semua memahami," ujar dia.

Dilanjutkannya, jika berjaga tanpa tindakan jelas, menurut dia akan menjadi sia-sia usaha untuk menertibkan kedisiplinan warga menaati aturan penerapan PSBB.

"Sia-sia kami berada di jalan hingga tidak tidur kalau masyarakat tidak disiplin, makanya harus tegas ini," kata dia.

Namun ia berharap, tindakan ala polisi India itu yang dilakukan anak buahnya tidak terjadi.

“Masyarakat diminta mematuhi semua larangan demi menghentikan wabah virus Corona yang semakin hari semakin meluas,” tandasnya

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga