Awasi Keamanan Perbatasan NTT-Australia, TNI AD Bangun Arhanud dan Armed

NTT, Akuratnews.com - Panglima Kodam IX Udayana Mayjen (TNI) Benny Susianto mengatakan TNI AD sedang membangun markas Satuan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan satuan Artileri Medan (Armed) guna mengoptimalkan pengamanan di wilayah Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan negara Australia dan Timor Leste.

"TNI AD melakukan pengembangan beberapa satuan baru di NTT yaitu satuan Armed dan Arhanud," kata Panglima Kodam IX Udayana Mayjen (TNI) Benny Susianto kepada wartawan usai serah terima jabatan Komandan Brigadir Infanteri 21-Komodo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (30/8/2019).

Menurut Panhgdam IX Udayana, dalam konsep gelar kekuatan TNI AD khususnya Kodam IX Udayana di wilayah NTT akan dibangun beberapa satuan baru dalam menghadapi ancaman dan tantangan yang dihadapi TNI kedepan.

Salah satu satuan yang segera dibangun menurut jenderal bintang dua itu yaitu Satuan Artelileri Pertahanan Udara (Arhanud) yang sudah hampir rampung dikerjakan dan satuan Artileri Medan (Armed).

"Pangkalan Armed mulai dikerjakan dan direncanakan pada tahun 2020 sudah bisa diresmikan," tegasnya. Selain itu TNI-AD juga akan membangun beberapa satuan lainnya dalam mendukung tugas pokok TNI AD dalam mengamankan wilayah provinsi NTT.

"Keberadaan berbagai satuan TNI AD itu untuk mengamankan wilayah NTT ini," tegasnya.

Ia mengatakan, guna mendukung tugas operasi TNI terus meningkatan kualitas alutsista bagi satuan di daerah ini sehingga lebih optimal dalam melaksanakan tugas operasi pengamanan wilayah di NTT.

"Kami inginkan dukungan fasilitas operasi yang berkualitas sehingga tugas yang diemban para prajurit TNI AD di NTT bisa lebih optimal," tegas Mayjen (TNI) Benny Susianto.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga